Berita

    Apa Itu Car Lift? Ketahui Ini Fungsi & Jenis Jenisnya

    Car lift atau lift mobil merupakan salah satu alat bantu untuk mencuci maupun memperbaiki kendaraan roda empat. Biasanya alat ini digunakan di bengkel dan tempat cuci mobil skala besar. Kenapa bisa begitu? Karena harganya cukup mahal dan memerlukan tempat yang lumayan luas. 

    Saat ini, lift mobil hanya tersedia untuk kendaraan tipe passenger, yaitu mobil sedan, SUV, MPV, dan kendaraan sejenisnya dengan berat maksimal 2.000 kg. Sementara itu, lift mobil untuk kendaraan berbobot tinggi seperti truk masih belum tersedia. 

    Jenis dan Fungsi Car Lift 

    Lift mobil berfungsi sebagai alat bantu untuk mengangkat kendaraan roda empat. Namun, berbeda dengan dongkrak karena alat ini bisa mengangkat kendaraan secara keseluruhan. Sementara dongkrak hanya mampu mengangkat bagian tertentu mobil. 

    Jika, belum paham tentang jenis-jenis car lift, maka Anda sebaiknya tidak melewatkan penjelasan di bawah ini:

    • Tipe Single Post

    Jenis pertama adalah tipe single post yang hanya memakai satu tiang/kaki. Pada jenis ini terdapat 4 lengan penyangga di bagian ujung yang bisa diatur sesuai keinginan, mulai dari panjang pendeknya hingga arah lengannya. 

    Biasanya tipe single post dipakai di tempat pencucian skala besar (doorsmeer) untuk membersihkan bagian bawah mobil. Namun, sayangnya jenis lift mobil ini tidak direkomendasikan dipakai untuk kebutuhan perbaikan ataupun chasis

    • Tipe Two Post

    Jenis two post car lift adalah alat pengangkat mobil yang menggunakan 2 tiang/kaki. Jenis ini juga mempunyai landasan penyangga yang bisa diatur sesuai bentuk bodi atau rangka mobil.

    Berbeda dengan tipe single post, tipe ini lebih cocok untuk perbaikan mesin maupun chasis. Cara mengoperasikannya hampir sama seperti jenis single post namun daya sanggahnya lebih kuat. 

    • Tipe Four Post

    Jenis terakhir ini menggunakan 4 tiang/kaki sehingga daya sanggahnya cukup tinggi. Bila dibandingkan dengan jenis lainnya, tipe four posts memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik. 

    Tips Menggunakan Jenis-jenis Car Lift

    Setelah mengenal tipe-tipe lift mobil, ada baiknya Anda memahami cara menggunakannya. Berikut ini cara menggunakan lift mobil yang tepat dan aman. 

    • Posisi Mobil