Berita

    Ingin Begadang Tetap Sehat, Ini Dia Tips agar Tubuh Tetap Sehat Setelah Begadang

    Pekerjaan yang menumpuk, tugas, shift malam dan persiapan ujian kerap memaksa Anda untuk begadang di malam hari. Padahal seperti yang Anda ketahui begadang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan seperti stres dan mengantuk. Lalu bagaimana solusi begadang tetap sehat? 

    Berikut cara dan tips begadang tetap sehat yang bisa Anda coba. 

    1. Tidur di Siang Hari

    Tidur beberapa menit di siang hari menjadi hal yang harus Anda lakukan sebelum begadang. Tidak perlu lama-lama cukup tidur antara 10 sampai 20 menit saja. Lebih baik tidur siang hari daripada tidur di sela-sela begadang karena ujung-ujungnya Anda malah akan tertidur. 

    Tidur di siang hari akan membuat tubuh bugar dan mengurangi kantuk di malam hari. Selain itu, pastikan Anda selalu memiliki cukup tidur seminggu sebelum begadang sehingga Anda bisa terjaga semalaman. 

            2. Hidupkan Media Elektronik

    Media elektronik memancarkan cahaya biru yang dapat mencegah Anda merasa kantuk. Hal tersebut dikarenakan cahaya biru dapat mencegah pelepasan hormon yang menyebabkan tubuh mengantuk.

    Untuk menjaga Anda tetap bugar ketika begadang, Anda bisa menghidupkan TV, bermain game, ponsel atau laptop di sela-sela begadang. 

            3. Pastikan Ruangan Terang

    Kegelapan dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon melatonin atau hormon tidur sehingga Anda menjadi cepat mengantuk. Untuk itu pastikan Anda menggunakan lampu yang terang seperti lampu LED ketika begadang di malam hari. 

            4. Minum Kafein

    Sudah bukan rahasia lagi jika minuman yang mengandung kafein dapat mencegah kantuk. Agar tubuh bisa terjaga di malam hari Anda bisa mengonsumsi kopi di malam hari namun pastikan tidak berlebihan.

    Mengkonsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan gejala kecemasan yang akan membuat Anda sulit berkonsentrasi. Apabila Anda tidak suka minum kopi, Anda bisa menggantinya dengan permen espresso atau permen berkafein. 

            5. Konsumsi Cemilan Sehat

    Jika Anda mudah mengantuk, Anda bisa makan cemilan ketika begadang. Makan cemilan akan tubuh tetap kenyang sehingga Anda bisa terjaga. Namun Anda tidak boleh memilih sembarang cemilan.

    Cemilan manis seperti biskuit, coklat atau makanan ringan justru akan membuat Anda mengantuk dan menyebabkan berat badan naik. Pilihlah cemilan yang mengandung protein seperti buah-buahan. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.