Berita

    Ketahui, Ini Macam Macam Alat Ukur Mekanik & Fungsinya

    Alat ukur mekanik adalah alat ukur yang digunakan secara mekanik tanpa bantuan dalam menentukan besaran seperti panjang, lebar, tinggi, tebal, kedalaman, diameter hingga kerataan. Alat alat ukur mekanik dibaca secara manual.

    Skala pengukuran yang digunakan adalah skala metrik dan skala inchi. Pengukuran ini biasa digunakan otomotif untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada kendaraan. Untuk mengetahui alat ukur mekanik apa saja yang digunakan otomotif, berikut penjelasan selengkapnya.

    Jenis Alat Ukur Mekanik

    Berdasarkan kegunaannya, terdapat 16 macam alat ukur beserta fungsinya masing-masing, sebagai berikut:

            1. Mistar Baja

    Memiliki sebutan lain yaitu penggaris besi ini berguna untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi, hingga kedalaman sebuah benda. Mistar baja mempunyai tingkat ketelitian 1 mm hingga 0,5 mm. Ukuran mistar baja umumnya 30 cm atau 300 mm dan 50 cm atau 500 mm.

            2. Penggaris Gulung

    Fungsinya hampir sama dengan mistar baja, namun alat ini dibuat dari bahan pita baja. Ukurannya mulai dari 2 m atau 2000 mm, 5 m atau 5000 mm, hingga 15 m atau 15000 mm.

            3. Penggaris Siku

    Alat ukur mekanik digunakan untuk mengukur bagian siku dan menandai proses pemotongan. Selain itu, biasa diterapkan pada benda dengan sudut 45 derajat hingga 90 derajat.

            4. Busur Derajat

    Digunakan untuk mengukur sudut sebuah benda. Bentuknya setengah lingkaran dengan potongan logam yang lurus dan panjang sehingga menjadikan pengukuran lebih presisi.

            5. Outside Caliper

    Berfungsi sebagai pengukuran bagian luar benda seperti diameter luar, dimensi luar, dan kesejajaran permukaan benda. Terdapat dua buah kaki dan titik putar pegas dan sekrup penyetel.

            6. Inside Caliper

    Kebalikannya, inside caliper berfungsi sebagai alat ukur bagian dalam benda, seperti diameter dalam, dimensi dalam, dan kesejajaran permukaan benda.

    Terdapat penahan berupa sekrup penyetel dan titik putar pegas yang terletak pada kedua kaki yang saling berhubungan agar tidak bergeser.

            7. Depth Gauge

    Alat ukur mekanik yang digunakan untuk mengukur kedalaman benda, seperti lubang, ceruk, dan slot. Maksud dari slot adalah jarak dari bagian tepi bahan pekerjaan.

            8. Valve Spring Tester