Berita

    Ketahui Tips Mengatur Sorot Lampu Pada Mobil.

    Tidak semua kendaraan memiliki pengaturan otomatis arah sorot lampu mobil bagian depan (headlamp). Padahal fungsinya cukup krusial, terutama saat berkendara di malam hari. 

    Jika pada sorot lampu mobil keluaran terbaru memiliki pengaturan otomatis arah lampu mobil letaknya ada di sebelah kanan pengemudi bagian bawah dashboard

    Namun untuk kendaraan lama pengaturan arah dan ketinggian sorot lampu depan ini harus dilakukan secara manual. Berikut cara pengaturan lampu bagian depan secara manual. 

    Cara Setting Ketinggian dan Arah Sorot Lampu Mobil

    Posisi sorot headlamp yang tidak pas bisa mengakibatkan kenyamanan saat mengemudi menjadi berkurang. Apalagi jika arah lampu sorot tersebut melebar kemana-mana. 

    Hal tersebut bisa mengganggu pengguna jalan lainnya, terutama yang berada di posisi berlawanan arah. Itu sebabnya, sangat penting untuk melakukan pengecekan posisi headlamp sebelum melakukan perjalanan di malam hari. 

    Lalu, kapan saat yang tepat untuk mengubah posisi headlamp dan bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini. 

            1. Parkir di Jalanan yang Rata

    Pertama, carilah tempat parkir yang kondisi jalannya datar dan rata dengan posisi mobil menghadap ke tembok atau pintu garasi yang juga rata. Fungsi dari tembok tersebut adalah sebagai acuan arah lampu sorot utama mobil. 

    Pastikan lokasi parkiran dan dinding tembok tersebut cukup lega. Akan sangat membantu apabila pencahayaan di tempat parkir tersebut juga cukup gelap agar cahaya lampu terlihat lebih jelas sehingga mempermudah dalam penyetelan sorot lampu mobil. 

    Kemudian, atur jarak antara mobil dengan tembok tersebut sekitar 3-4,6 meter dan pastikan setiap sisi mobil Anda memiliki ketinggian yang sama dengan aspal. 

            2. Nyalakan Lampu Bagian Depan

    Kedua, nyalakan headlamp dan ukur titik fokus lampu kanan dan kiri lalu mundurkan mobil dengan jarak sekitar 7-0 meter dari tembok atau pintu garasi. Perhatikan arah cahaya kedua lampu depan tersebut apakah ketinggian titik fokusnya sama atau tidak. 

    Anda bisa menggunakan selotip berwarna hitam untuk membuat tanda “+” dengan cara yang ditempelkan pada tembok atau pintu garasi sebagai tanda garis tengah horizontal dan vertikal ideal pada cahaya sorotan lampu. 

    Bila perlu, gunakan meteran untuk memastikan kedua garis tengah tersebut sama rata, dengan ketinggian tidak lebih dari 1,1 meter dari permukaan jalan. Batas ideal sorot lampu mobil adalah harus mengenai garis yang telah Anda buat sebelumnya.