Berita

    Penting! Pahami Fungsi Grill Pada Mobil

    Pasti Anda pernah melihat salah satu bagian ini pada eksterior mobil Anda. Grill mobil adalah salah satu bagian pada eksterior mobil yang memiliki nilai fungsi estetika pada mobil Anda. Bagaimana tidak, grill mobil biasanya menunjukkan karakteristik dari suatu mobil.

    Grill mobil memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, biasanya ukuran dan bentuk grill mobil disesuaikan dengan bagian kap mobil dan bentuk nya pun disesuaikan dengan gaya atau desain yang diusung oleh pabrikan. 

    Semakin berkembangnya zaman, bentuk dan variasi grill mobil juga ikut mengalami perubahan. Banyak mobil-mobil pada saat ini mengusung desain diamond pada grill mobilnya atau tipe grill yang berbentuk kotak, memanjang vertikal, atau horizontal. Sementara pada tipe mobil klasik grill biasanya berbentuk kotak besar dan diletakkan persis di tengah depan.

    Ternyata grill mobil memiliki fungsi lain selain fungsi estetika, yuk simak fungsi penting grill mobil berikut ini :

            1. Saluran udara untuk mesin mobil

    Fungsi lain pada grill mobil, selain fungsi estetika adalah sebagai saluran keluar masuknya udara ke mesin mobil. Desain grill mobil sengaja dibuat berongga-rongga untuk memudahkan udara keluar-masuk. Masuknya udara ini diperlukan untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil. 

    Mesin memiliki suhu yang panas, selain diperlukan radiator untuk menstabilkan suhu, fungsi grill yang berongga juga berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin mobil. Cara kerjanya pun cukup mudah, grill berfungsi seperti ventilasi udara, dengan mengatur keluar masuknya udara. Jadi salah satu fungsi penting grill mobil adalah sebagai pengatur temperatur suhu agar tetap stabil dan mencegah mesin mengalami overheat.

            2. Karakteristik mobil

    Selain dari fungsi diatas, grill memiliki fungsi estetik lain yaitu sebagai tanda atau karakteristik dari mobil tersebut. Mobil yang memiliki desain premium seperti mobil sedan dan SUV, biasanya mengusung desain grill yang mewah dan futuristik, sementara mobil yang mengusung desain simpel seperti mobil-mobil city car biasanya mengusung desain grill yang lebih kecil dan lebih simpel. 

            3. Aerodinamis dan Performa

    Selain berfungsi sebagai ventilasi udara dan penambah estetika, grill pada mobil juga berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika,  Aerodinamika yang baik akan membuat performa mobil menjadi maksimal. Jika Anda perhatikan, desain grill mobil sekarang ini semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke mesin. Tujuan dari dibuatnya grill seperti ini adalah agar udara yang menabrak area frontal depan mobil akan dialihkan secara halus melalui sisi samping atau atas mobil