Berita

    Simak 2 Jenis Kaca Mobil & Perbedaannya

    Kaca mobil adalah salah satu komponen terpenting yang terdapat pada mobil. Manufaktur biasanya menggunakan jenis kaca yang cocok dengan karakteristik mobil keluarannya supaya pada saat pemasaran, mobil tersebut bisa memadai standar keamanan.

    Hal ini dikarenakan salah satu variabel yang mempengaruhi pertimbangan konsumen dalam memilih mobil adalah standar keamanan tersebut. Sebab, keamanan berkendara merupakan hal terpenting.

    Jika Anda adalah pengguna mobil yang menomorsatukan keamanan, maka Anda sebaiknya mengetahui 2 jenis kaca pada mobil. Nah, untuk mengetahuinya, Anda sebaiknya tidak melewatkan secuplik informasi di bawah ini.

    Jenis kaca mobil

    Kaca pada mobil bukanlah kaca biasa yang lazimnya ditempatkan pada jendela maupun cermin. Kaca untuk mobil dirancang spesifik agar bisa memenuhi standar keamanan kendaraan tersebut. 

    Nah, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat 2 jenis kaca mobil. Keduanya mempunyai perbedaan, yakni pada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk namanya, mereka adalah kaca laminated dan tempered.

    • Kaca laminated

    Kaca ini terdiri atas 2 lapis kaca yang diselamatkan lembaran film bernama Polyvinyl Butiran Film atau yang disingkat sebagai PVB. Ia umumnya diinstall pada kaca depan mobil atau windshield

    Dengan adanya lembaran film yang menempel di tengah lapisan, maka kaca ini kuat menangkal sejumlah benturan hingga keadaan tertentu. 

    Tidak seperti kaca pada umumnya, kaca mobil laminated tidak akan hancur berkeping-keping saat pecah. Namun ia akan pecah dengan bentuk lembaran sebab lekatan film. Tidak hanya itu saja, film ini pun berguna menangkal sinar UV.

    Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan teriknya matahari saat berkendara di waktu siang.

    • Kaca tempered

    Kaca ini diproduksi dengan suhu 650 derajat celcius pada proses pemanasannya yang kemudian didinginkan secara mendadak. Hal tersebut membuat kaca ini menjadi lebih kuat dan tahan lama.

    Dikarenakan kekuatan, kaca tempered sangat susah untuk dipecahkan. Akan tetapi, hal itu bukanlah tidak mungkin, karena pada kendaraan masif contohnya bis, kaca tempered ini dirancang agar mudah dipecahkan saat keadaan darurat.

    Perlu Anda ketahui, meskipun kuat, kaca tempered bisa pecah apabila ia tertembus benda yang tajam sampai satu per enam ketebalannya. Saat ditembus benda kecil seperti peluru, maka kaca tersebut bisa hancur berkeping-keping layaknya biji jagung.