Berita

    Simak Cara Menghilangkan Baret pada Mobil!

    Baret mobil atau goresan dapat muncul tanpa disadari pemilik kendaraan.  Umumnya baret terjadi saat mobil parkir di tempat umum. Bisa juga karena bergesekan dengan kendaraan atau benda-benda keras. 

    Baret membuat tampilan mobil jadi kurang menarik. Apalagi jika jumlahnya sudah cukup banyak. Anda dapat menghilangkan baret pada mobil dengan mudah. Menggunakan cairan khusus untuk bodi mobil, atau bahkan memakai benda yang tersedia di ruang 

    Tidak perlu terburu-buru membawa mobil ke bengkel jika goresan yang timbul masih terbilang cukup tipis dan kecil. Perbaiki sendiri di rumah, mobil Anda akan terlihat seperti semula!

    Cara Hilangkan Baret Mobil

    Bila Anda memeriksa bodi mobil dengan seksama, akan ditemukan goresan-goresan kecil di beberapa bagian bodi. Anda tidak harus langsung membawanya ke bengkel. Jika goresannya terlihat tidak dalam, Anda masih bisa mengatasinya sendiri di rumah. 

    Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan juga mudah. Cukup sediakan lap microfiber, air, dan cairan pembersih. Untuk cairan pembersih terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan di antaranya yaitu:

    • Menggunakan Kompon

    Kompon (compound) merupakan bahan kimia dengan tekstur krim yang padat. Krim ini memiliki sifat abrasif dan biasa dipakai untuk memoles mobil ketika proses pengecatan. 

    Kompon dapat digunakan untuk menghilangkan baret mobil atau menyamarkan goresan halus pada cat mobil. Caranya yaitu dengan mengikis cat yang ada di sekitar goresan. Sampai goresan tersebut dapat hilang tertutup oleh car. 

    Kompon bisa Anda temukan di toko aksesoris mobil dan juga swalayan. Terdapat beberapa jenis kompon seperti kompon merah, putih, dan kompon halus. Sebaiknya Anda menggunakan kompon halus  yang lebih ramah cat mobil. 

    Cara menggunakannya pertama bersihkan dulu permukaan bodi mobil baret dengan air. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran atau debu yang masih menempel. Kemudian lap bodi mobil menggunakan kain lap microfiber, sampai bersih. 

    Selanjutnya oleskan kompon pada bagian mobil yang sudah dibersihkan barusan. Kemudian poles kompon dengan cepat jangan sampai mongering. Karena krim kompon yang mengering sebelum dipoles bisa meninggalkan bercak. 

    Setelah selesai memoles, bilas bagian mobil barus dengan air, lalu keringkan dengan lap. Terakhir lapisi bagian mobil yang sudah tidak baret lagi dengan wax, agar terlihat mengkilap. 

    • Menggunakan Scratch Remover