Berita

    Featured Image

    7 Cara Membersihkan Sampah di Celah-celah Mobil

    Menjaga kebersihan mobil bukan hanya soal penampilan, tetapi juga kenyamanan dan kesehatan pengemudi serta penumpang. Salah satu tantangan terbesar dalam membersihkan mobil adalah membersihkan sampah di celah-celah mobi.

    Misalnya saja di antara jok dan konsol, di bawah kursi, dan di ventilasi udara. Berikut adalah cara efektif untuk membersihkan sampah yang menumpuk celah-celah mobil agar mobil Anda tetap bersih dan nyaman.

    Ada Sampah di Celah-celah Mobil? Bersihkan dengan Ini

    Membersihkan sampah yang ada di celah mobil memang sedikit tricky. Meski begitu, Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Berikut langkah-langkahnya!

    • Persiapkan Alat dan Bahan

    Sebelum memulai proses membersihkan mobil, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

    1. Vakum dengan berbagai nozzle;

    2. Sikat kecil atau kuas;

    3. Lap mikrofiber;

    4. Semprotan pembersih serbaguna;

    5. Tusuk gigi atau alat kecil sejenis;

    6. Air sabun.

    • Keluarkan Barang-barang dari Mobil

    Langkah pertama adalah mengeluarkan semua barang dari dalam mobil, termasuk karpet, alas, dan barang-barang kecil lainnya. Ini akan memudahkan Anda dalam menjangkau semua area dan memastikan tidak ada barang yang terlewatkan saat membersihkan.

    • Vakum dengan Nozzle Kecil

    Gunakan vakum dengan nozzle kecil untuk membersihkan sampah di celah-celah mobil yang sulit dijangkau. Mulailah dari bagian yang paling sulit dijangkau, seperti antara jok dan konsol, di bawah kursi, dan di sekitar pedal. 

    Pastikan untuk menyedot debu, kotoran, dan sampah kecil yang menumpuk di sana. Lakukan beberapa kali penyedotan dengan vakum untuk hasil yang optimal.

    • Gunakan Sikat Kecil atau Kuas

    Gunakan Sikat Kecil atau KuasFreepik.com

    Untuk membersihkan area yang tidak bisa dijangkau dengan vakum, gunakan sikat kecil atau kuas. Sikat ini sangat berguna untuk mengangkat debu dan kotoran dari celah-celah sempit, seperti ventilasi udara, jahitan jok, dan lipatan karpet. Sikat dengan lembut agar tidak merusak material mobil.

    • Gunakan Tusuk Gigi untuk Celah Sempit

    Untuk celah-celah yang sangat sempit dan sulit dijangkau, seperti sekitar tombol dan kontrol, gunakan tusuk gigi atau alat kecil sejenis. Bungkus ujung tusuk gigi dengan lap mikrofiber atau kain lembut, lalu gunakan untuk mengangkat kotoran yang menempel. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut.

    Apabila areanya masih cukup besar, Anda bisa menggunakan lidi untuk menjangkau kotoran. Namun ingat, penggunaan benda ini tetap harus hati-hati. Hal ini supaya tidak memberikan bekas goresan pada area yang Anda bersihkan.

    • Bersihkan dengan Lap Mikrofiber

    Setelah menyikat dan menyedot debu, gunakan lap mikrofiber yang sedikit lembab untuk mengelap permukaan yang kotor. Lap mikrofiber ini efektif dalam mengangkat debu dan kotoran tanpa meninggalkan goresan. 

    Semprotkan sedikit pembersih serbaguna pada lap jika diperlukan untuk membersihkan noda yang membandel. Kemudian gosok secara perlahan dengan satu arah, untuk membersihkan permukaan yang kotor tersebut.

    • Gunakan Pelindung dan Penutup

    Untuk mengurangi penumpukan sampah dan kotoran, pertimbangkan untuk menggunakan pelindung atau penutup pada area yang sering kotor. Misalnya, gunakan pelindung jok dan karpet yang mudah dilepas dan dibersihkan. Ini akan memudahkan Anda dalam menjaga kebersihan mobil sehari-hari.