Berita

    Cara Mengatasi Tikus yang Suka Menggigit Kabel Mobil

    Kabel mobil digigit tikus jadi masalah yang harus segera Anda atasi. Jika tidak, maka hama satu ini akan membangun sarang pada kap mobil atau pun kolong mobil Anda. Bila sudah bersarang, siap-siap dengan bau kotorannya yang menyengat.

    Kabel pada mesin mobil jadi komponen yang krusial untuk kinerja mobil yang optimal. Apabila digigit oleh tikus, risiko korsleting pun rentan terjadi dan bisa berujung pada kerusakan mobil yang fatal. Oleh sebab itu, jangan biarkan hal tersebut terjadi dengan menerapkan berbagai tips pencegahan berikut ini.

    4 Tips Atasi Kabel Mobil Digigit Tikus

    Anda dapat mencoba berbagai tips mengusir tikus dari mobil Anda di bawah ini, untuk mencegah kejadian kabel digigit oleh tikus terulang kembali. 

    • Taburkan Kapur Barus di Ruang Mesin

    Hancurkan kapur barus hingga menjadi bubuk, lalu taburkan di sekitar mesin mobil. Tikus membenci aroma dari kapur barus, jadi harapannya dengan menaburkan bubuk kapur barus tikus pun tidak akan datang lagi.

    Untuk memastikan cara ini efektif, taburkan dengan merata hingga mencapai area sudut pada ruang mesin mobil. Sehingga, tikus tidak akan berminat memasuki ruang mesin mobil Anda lagi.

    • Semprotkan Cairan Anti Tikus ke Ruang Mesin

    Tips mengatasi kabel mobil digigit tikus berikutnya, Anda dapat menyemprotkan cairan khusus anti tikus apabila Anda alergi atau tidak tahan dengan bau dari kapur barusnya. Cairan tersebut bisa Anda dapatkan di toko yang menjual perlengkapan otomotif.

    mengatasi kabel digigit tikus

    Pexels.com

    Tingkatkan efektivitas cairan dengan menuangkannya ke kain, lalu taruh di sudut ruang mesin mobil. Anda juga bisa meletakkan kainnya pada sela filter udara, atau melilitkan kain ke selang AC, jadi aroma cairan pun merata dan mencegah tikus masuk lagi.

    • Gunakan Alat Ultrasonik 

    Terdapat alat ultrasonik yang bisa mengusir tikus lebih cepat. Tips atasi kabel mobil digigit tikus satu ini bisa Anda lakukan ketika kerusakan yang ditimbulkan tikus sudah parah hingga berisiko merusak mesin. 

    Untuk menggunakan alat ultrasonik, Anda perlu hati-hati dan detail agar interior serta mesin mobil tidak rusak. Cara kerja alatnya adalah dengan menghasilkan suara ultrasonik berfrekuensi rendah yang akan menjadi ancaman bagi tikus.

    Dampaknya, tikus akan menjauhi area sumber suara ultrasonik dengan sendirinya. Adapun cara pakai alatnya hanya perlu Anda hubungkan kabel positifnya ke baterai, lalu kabel negatif ke masa. 

    Alat ultrasonik kemudian bisa Anda taruh di ruang mesin agak jauh dari komponen yang jadi sumber panas pada mesin. Kemudian, Anda bisa menghidupkan alat pada saat mobil sedang diparkir, dengan menekan saklar pada alat.

    Sebagai catatan, Anda perlu periksa kesehatan aki mobil, sebab alat ultrasonik memanfaatkan arus listrik yang berasal dari aki sepanjang penggunaannya. 

    • Pasang LED Low Voltage di Ruang Mesin

    Opsi ini lebih hemat energi dibandingkan dengan alat ultrasonik, jadi bila Anda kurang nyaman dengan banyaknya energi yang digunakan oleh alat ultrasonik bisa memilih alternatif satu ini.

    Anda tinggal meletakkan LED low voltage tersebut pada area mesin di mana Anda menemukan bekas-bekas habis dikunjungi oleh tikus. Kemudian, setiap Anda parkir mobil dan tidak digunakan, Anda harus menyalakan LED agar mencegah tikus masuk lagi karena ruang mesin terlalu terang untuknya.

    Begitulah empat tips atasi kabel mobil digigit tikus sehingga dapat jadi solusi agar kejadian tersebut tidak terulang di masa depan. Anda juga harus selalu memanaskan mobil serta membersihkan ruang mesinnya, sehingga tidak mengundang tikus untuk masuk.