Berita

    Tetap Bersih! Cara Merawat Dashboard Mobil

    Dashboard atau dasbor adalah bagian yang penting pada mobil. Hal ini disebabkan dasbor berisi berbagai indikator untuk menunjukkan kondisi mobil terkini. Itulah mengapa cara merawat dashboard perlu diketahui agar berfungsi dengan semestinya.

    Selain itu, merawat dasbor juga akan berdampak pada penampilannya. Terlebih lagi dasbor merupakan bagian yang terlihat dari luar mobil. Oleh sebab itu, baca ulasan dalam artikel ini untuk mengetahui perawatan bagian mobil tersebut!

    Cara Merawat Dashboard Mobil

    Ada berbagai cara mudah untuk merawat dasbor mobil. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

    • Bersihkan dari Sisa Makanan

    Harus diakui bahwa dasbor kerap digunakan untuk meletakkan berbagai barang termasuk makanan dan minuman. Sayangnya, makanan dan minuman tersebut sering membuat dasbor kotor karena tumpah atau hal lainnya.

    Jika hal tersebut, maka segera bersihkan dasbor. Jika dibiarkan, maka kotoran sisa makanan tersebut akan menempel dan sulit untuk dibersihkan. Bahkan, jamur akan mudah tumbuh di sana.

    • Minimalisir Pembukaan Kaca Mobil

    Saat sedang berkendara, terkadang pengemudi atau penumpang di sebelahnya membuka kaca mobil karena berbagai alasan. Namun sebenarnya hal ini bisa membuat kotoran dari luar masuk dan menempel pada dasbor.

    Maka dari itu, minimalisir pembukaan kaca mobil untuk merawat dashboard. Namun jika terpaksa melakukannya, maka segera bersihkan dasbor dari kotoran-kotoran yang masuk.

    • Cuci Secara Rutin

    Saat ini ada berbagai tempat yang juga bisa mencuci bagian interior mobil. Hal ini bisa membantu untuk menjaga kebersihan bagian-bagian di dalam mobil tersebut seperti dasbor.

    Bagaimanapun juga, Anda perlu memastikan bahwa tempat cuci tersebut mempunyai reputasi yang baik. Jika tidak, maka bisa mempengaruhi dasbor sehingga merugikan diri Anda sendiri.

    • Gunakan Penyedot Debu

    Dasbor bisa saja memiliki banyak kotoran yang terselip di sela-selanya. Kotoran ini pun akan sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, mesin penyedot debu diperlukan.

    Namun jika Anda tak mempunyainya, maka alat-alat lain seperti kuas kecil juga bisa digunakan. Selain itu, saat ini ada berbagai produk seperti slime yang bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela tersebut.

    • Manfaatkan Pelindung

    Saat ini terdapat berbagai pelindung yang bisa digunakan untuk menghalau sinar Matahari agar tidak menyengat dasbor. Terlebih lagi jika mobil sedang parkir di luar ruangan.

    Selain itu, ada juga cairan khusus yang bisa digunakan untuk melindungi dasbor dengan cara disemprotkan, diusap, dan dikeringkan. Lebih baik Anda menggunakan cairan yang bersifat water base.

    • Gunakan Sarung Mobil

    Jika Anda memarkirkan mobil di ruangan terbuka yang langsung terpapar oleh sinar Matahari, maka sarung mobil bisa digunakan. Sarung ini akan melindungi dasbor dan bagian mobil lainnya dari paparan sinar tersebut.

    Selain itu, sarung juga dapat melindungi mobil dari kotoran yang menempel. Bagaimanapun juga Anda perlu memperhatikan bahan dari sarung tersebut agar tidak merusak body mobil.

    • Bersihkan dengan Lembut

    Setiap membersihkan dasbor mobil, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan lembut. Jika terlalu keras, maka hal tersebut bisa menggores permukaan mobil sehingga timbul baret.

    membersihkan dashboard dengan lembutFreepik.com

    Anda bisa menggunakan lap berbahan microfiber. Lap ini mempunyai tekstur yang halus sehingga dapat meminimalisir goresan pada dasbor.

    Sederet cara merawat dashboard di atas bisa diterapkan pada mobil Anda. Namun bila dasbor dan bagian mobil lainnya telah terlihat kusam bahkan rusak akibat berbagai alasan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari penggantinya.