Berita

    Ini Lho Bahaya Vaping Didalam Mobil yang Bisa Mengancam Nyawa

    Sejak kemunculannya, vape menjadi cara terbaru dalam menikmati rokok yang dianggap mampu menggantikan rokok konvensional. Namun, ada bahaya yang mengintai jika nekat vaping didalam mobil.

    Saat ini, menghisap vape atau vaping memang jadi tren para penikmat rokok konvensional yang diklaim lebih baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, tak jarang mereka vaping saat berkendara di jalan raya. 

    Benarkah menghisap vape lebih baik dibandingkan rokok konvensional dan kenapa disarankan untuk tidak vaping saat di dalam mobil? Berikut ulasannya. 

            1. Mengganggu Pandangan Pengemudi

    Vape merupakan rokok elektrik yang cara kerjanya adalah mengubah liquid (cairan khusus untuk vape) menjadi uap dalam jumlah yang banyak dan kemudian dihisap. Uap itulah yang diembuskan oleh si perokok. 

    Banyaknya uap inilah yang bisa membahayakan jiwa pengendara. Sebab, kabut uap tersebut bisa mengganggu pandangan saat mengemudi di jalan raya. Walaupun kabut uap dari vape bisa cepat menghilang, namun tetap bisa mengurangi konsentrasi pengemudi.

    Intinya, bahaya vaping di dalam mobil saat sedang berkendara bisa meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi kehilangan konsentrasi karena visibilitasnya terganggu oleh uap yang dihasilkan vape.

            2. Mengurangi Kewaspadaan

    Bahaya vaping saat berada di dalam mobil yang kedua adalah bisa mengurangi kewaspadaan saat berkendara. Memang terkesan sepele, namun situasi di jalan raya dengan kondisi sambil menghisap vape bisa sangat berbahaya. 

    Contohnya, saat hendak belok kanan seharusnya melihat ke arah spion namun And malah sibuk hendak meletakkan vape terlebih dahulu ke konsol boks. Di saat yang bersamaan, ada sepeda motor yang menyalip.

    Kondisi tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas karena Kamu tidak fokus pada jalan dan langsung berbelok tanpa melihat ke arah spion. 

            3. Kendali Atas Kendaraan Berkurang

    Kamu tidak akan bisa mengendalikan kendaraan dengan baik jika menyetir sambil vaping didalam mobil. Mulai dari memegang setir, ganti persneling, hingga mengoperasikan perangkat lain di dasbor.

    Misalnya, Kamu hendak memutar arah yang membutuhkan kendali penuh pada setir atau akan oper persneling sedangkan salah satu tangan digunakan untuk memegang vape. Tentunya, keberadaan vape tersebut akan sangat menyulitkan Kamu.