Berita

    Featured Image

    Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memarkir Mobil

    Terdapat berbagai kesalahan saat memarkir mobil yang sering kali dilakukan oleh para pengendara. Sedangkan, keahlian dalam memarkir mobil juga harus dimiliki demi memudahkan proses parkir. Anda bisa meminimalkan risiko seperti menabrak mobil diam yang sedang parkir. 

    Tetapi, memang belum semua pengendara menguasai tata cara dan teknik parkir yang ideal. Itulah mengapa, berbagai kesalahan di bawah ini masih kerap terjadi di antara pengendara yang mencoba memarkirkan mobilnya: 

    5 Kesalahan Saat Memarkir Mobil yang Sering Terjadi

    Mulai dari mengabaikan blind spot sampai dengan memaksa parkir di area yang terlalu sempit, berikut kesalahan-kesalahan parkir mobil yang sebaiknya Anda hindari:

    • Tidak Memerhatikan Blind Spot dengan Teliti

    Ketika memarkir mobil, hampir selalu ada blind spot yang sering diabaikan oleh pengendara. Namun, blind spot tersebut akan menyebabkan masalah serius jika tidak diperhatikan. 

    Blind spot ini juga tidak akan terlihat jika mobil Anda tidak memiliki kamera 360 derajat secara lengkap. Bila seperti ini, maka risiko menabrak sesuatu ketika parkir pun lebih tinggi dan jadi lebih berbahaya. 

    Maka dari itu, Anda sebaiknya meminta bantuan pada orang lain yang ada di sekitar area parkir agar dapat mengarahkan Anda. Jadi, blind spot pun dapat dihindari. 

    • Tidak Sengaja Menabrak Pembatas Parkir

    Kesalahan satu ini umum terjadi akibat pembatas parkir yang tidak terlalu tampak. Pembatas biasanya terletak di ujung garis-garis parkir dan berfungsi agar mobil tidak melebihi jalur parkir. 

    Anda sebaiknya berhati-hati dengan mengira-ngira jarak ke pembatas agar tidak menabrak dan melebihi jalur parkir. 

    • Tidak Memindahkan Transmisi dengan Benar

    Berikutnya, pengendara juga kerap salah saat memindahkan transmisi ke mode mundur dan juga parkir. Kesalahan saat memarkir mobil ini sepele, tetapi akan menyebabkan masalah yang cukup serius. 

    Biasanya, salah dalam memindahkan transmisi sering terjadi ketika sedang memarkir mobil di area yang ramai dan sedang ditunggu oleh pengendara lain di belakang. 

    Maka dari itu, Anda sebaiknya tetap tenang dan tidak perlu terburu-buru ketika memarkirkan mobil. 

    • Tidak Menyalakan Lampu Hazard

    Memarkirkan mobil tanpa menyalakan lampu hazard menjadi kesalahan selanjutnya yang harus Anda hindari. Fungsi dari lampu hazard sendiri adalah sebagai tanda untuk pengendara di belakang bahwa mobil akan parkir. Ini membuat mereka memberi jarak aman dan bisa menunggu.

    Jika Anda tidak menyalakan lampu hazard, maka yang akan terjadi adalah mobil di belakang tidak menjaga jarak aman. Bila jarak terlalu sempit, maka parkir pun berisiko terhambat.

    • Tidak Mengindahkan Area Parkir yang Terlalu Sempit

    Area parkir memang tidak semuanya memiliki luas yang sama. Sering kali terdapat area yang terlalu sempit untuk Anda tempati. Namun, masalahnya pada pengendara adalah terlalu memaksakan parkir pada area yang sempit tersebut. 

    Bila Anda bukan profesional, sebaiknya jangan lakukan kesalahan saat memarkir mobil ini. Sebab, mobil Anda akan berakhir menabrak mobil yang telah terparkir di sekitarnya. 

    5 Tips Memarkir Mobil agar Aman dan Efisien

    Setelah mengetahui apa saja kesalahan dalam memarkir mobil, terapkan tips berikut agar parkir mobil lebih aman dan efisien:

    • Beri jarak aman 5-10 cm antara mobil Anda dan mobil lain;

    • Maksimalkan penggunaan spion saat parkir mundur;

    • Pastikan gigi berada pada mode Parking (P);

    • Pilih area parkir dengan luas, pencahayaan, serta sistem pengaman yang memadai, 

    • Patuhi tanda dan aturan yang ada di area parkir.