Berita

    7 Tips Membawa Anak saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

    Membawa anak untuk perjalanan jauh dengan mobil ialah hal yang kerap dilakukan oleh orang tua. Namun, terkadang orang tua merasa kesulitan saat melakukannya. Jika Anda salah satunya, maka tips membawa anak saat perjalanan jauh bisa disimak.

    Dalam tips ini, Anda akan mempelajari bagaimana membawa anak agar perjalanan menjadi menyenangkan dan nyaman baik baginya maupun Anda sendiri. Selengkapnya dapat dilihat dalam ulasan berikut.

    Tips Membawa Anak saat Perjalanan Jauh

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membawa anak untuk perjalanan jauh. Berikut di antaranya:

    1. Pastikan Kesehatan Anak

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kesehatan anak. Cek suhu tubuhnya dan gejala-gejala penyakit yang mungkin dialami. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter terkait kondisi anak dan rencana perjalanan.

    Jika anak memiliki gejala sakit, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan perjalanan kembali. Anak yang sakit tak hanya akan rewel selama di perjalanan, namun juga membuat kondisi kesehatannya semakin menurun.

    2. Pastikan Kondisi Orang Tua

    Selain memastikan kesehatan anak, kondisi Anda sendiri dan pasangan juga perlu dicek. Terlebih lagi membawa anak di perjalanan jauh akan memerlukan perhatian dan energi ekstra. Oleh sebab itu, pastikan Anda dan pasangan dalam keadaan sehat dan fit. Jika merasa kurang sehat, Anda bisa mengatur ulang jadwal perjalanan.

    3. Cek Keadaan Kendaraan

    Hal ketiga yang perlu dicek adalah keadaan kendaraan. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima sehingga pengemudi dan semua penumpang merasa nyaman. Hal ini bisa meminimalisir peluang anak rewel.

     

    cek kondisi kendaraan

    Freepik.com

    Akan lebih baik lagi jika Anda membawanya ke bengkel resmi untuk servis secara menyeluruh. Tak perlu segan untuk memperbaiki atau mengganti bagian-bagian tertentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    4. Pilih Waktu Keberangkatan

    Tips membawa anak saat perjalanan jauh selanjutnya adalah memilih waktu keberangkatan yang tepat. Misalnya, malam hari saat anak sedang tidur sehingga tak mudah rewel selama perjalanan.

    Selain itu, berkendara di malam hari juga dapat terhindar dari cuaca panas serta meminimalisir peluang terjebak macet. Namun perhatikan juga waktu istirahat pengemudi agar tetap bisa berkonsentrasi saat menyetir saat malam.

    5. Jadwalkan Istirahat

    Jika sedang bangun, maka anak bisa bosan akibat terlalu lama duduk di dalam mobil. Oleh sebab itu, jadwalkan istirahat dan berhentilah sejenak di tempat-tempat menarik seperti taman atau rest area.

    Waktu istirahat ini juga bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya adalah makan, beribadah, atau tidur bagi pengemudi untuk mengembalikan energi.

    6. Bawa Makanan Ringan

    Sebelum berangkat, Anda bisa menyiapkan berbagai makanan ringan kesukaan anak. Dengan demikian, Anda tak perlu bingung jika anak tiba-tiba merasa lapar. Jika Anda tidak membawanya, maka peluang anak rewel karena lapar akan semakin tinggi. Selain itu, sebagian anak bisa mengalami mual hingga muntah jika berada di dalam mobil dalam keadaan lapar.

    7. Membawa Obat-obatan dan Peralatan P3K

    Sebelum perjalanan jauh, Anda perlu menyiapkan obat-obatan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberi obat-obatan tertentu sebelum perjalanan. Misalnya obat anti mabuk perjalanan dan suplemen kesehatan. Lalu, Anda juga bisa membawa peralatan P3K lain untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga, seperti obat luka dan plester