Berita

    Tips Mobil Mogok saat Melakukan Perjalanan Jauh

    Salah satu risiko umum yang bisa terjadi di tengah perjalanan yaitu mobil mogok. Hal ini dapat membuat panik sebagian pengemudi, terlebih yang baru pertama mengalami hal tersebut.

    Sebenarnya, ada berbagai langkah yang dapat dilakukan ketika mobil Anda mogok di tengah jalan. Dengan langkah yang tepat, maka mobil dapat segera ditangani dengan optimal dan mencegah berbagai risiko lainnya.

    Tips ketika Mobil Mogok di Jalan

    Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti ketika mengalami mobil yang mogok di tengah jalan. Pastikan untuk memberikan penanganan yang tepat, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya!

    • Jangan Panik dan Segera Amankan Mobil

    Jika mobil mengalami mogok, maka pastikan untuk tetap tenang dan tidak panik. Dengan pikiran yang tenang, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatasi berbagai kendala di perjalanan.

    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan jika mengalami mogok yaitu mengamankan mobil. Pindahkanlah mobil ke pinggir jalan, akan lebih baik jika dapat menemukan area yang aman untuk memarkirkan mobil.

    • Nyalakan Lampu Hazard

    Lampu hazard memiliki fungsi sebagai penanda bahwa ada situasi darurat yang menimpa. Jika mesin mobil tiba-tiba mati, maka segera nyalakan lampu ini supaya dapat memberikan tanda untuk pengguna jalan lainnya!

    Dengan melihat lampu tersebut, maka pengendara lain dapat menghindar atau memberi jalan bagi mobil Anda untuk menepi, sehingga dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

    iStock
    • Amankan Barang Bawaan dan Periksa Kondisi Sekitar

    Selanjutnya, sebaiknya Anda mengamankan berbagai barang bawaan, terlebih jika membawa barang berharga, misalnya laptop atau handphone.

    Hal ini menjadi semakin perlu diperhatikan jika Anda merasa harus meninggalkan mobil untuk jarak yang cukup jauh.

    Setelah memastikan barang aman, maka Anda bisa memeriksa kondisi di sekitar. Lihatlah apakah ada bengkel atau pos polisi di sekitar sana.

    Jika ada, maka Anda bisa meminta bantuan atau bertanya tentang langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan dalam kondisi tersebut.

    • Cek Bahan Bakar

    Salah satu alasan umum mobil mogok yaitu karena kehabisan bahan bakar. Jadi, ketika mobil mati mendadak, Anda perlu memeriksa bagian indikator bahan bakar. Periksa juga bagian tangkinya dan pastikan tidak ada masalah.