Berita

    Featured Image

    Ban Mobil Kena Ranjau Paku? Ini Cara Mengatasinya

    Ranjau paku adalah fenomena yang masih sering dialami dan merugikan para pengendara mobil hingga saat ini. Ranjau ini biasanya disebar di berbagai titik jalan dan kerap tidak terlihat. Lantas, bagaimana bila ban mobil kena ranjau paku?

    Anda tak perlu khawatir jika mengalaminya karena ada berbagai cara jitu untuk mengatasi fenomena ini. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini untuk mengetahuinya.

    Bagaimana Bila Ban Mobil Kena Ranjau Paku?

    Terkena ranjau paku memang merupakan hal yang menyebalkan. Sebagian pengendara mobil juga akan merasa panik jika mengalaminya. Namun sebenarnya hal tersebut tak perlu dirasakan jika mengetahui berbagai cara berikut ini.

    • Rasakan Perubahan yang Terjadi pada Mobil

    Jika mobil Anda terkena ranjau paku, tetaplah tenang dan rasakan perubahan yang terjadi pada mobil. Perhatikan apakah jalannya mobil mulai terganggu seperti menginjak lubang berulang-ulang. Bila perlu, Anda bisa mengeceknya melalui spion.

    Jangan buru-buru berhenti saat merasakan perubahan ini. Teruslah berjalan menjauhi area ranjau paku tersebut untuk menghindari bahaya. Namun usahakan untuk mengendarai dalam kecepatan rendah di lajur kiri agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    • Berhentilah di Lokasi yang Aman

    Carilah lokasi yang aman untuk berhenti saat Anda mengendarai mobil dengan kecepatan rendah. Misalnya adalah di tempat parkir pusat perbelanjaan atau di depan polisi. Hal ini berguna untuk mencegah kejahatan yang mengintai Anda.

    Namun jika Anda tak menemukan tempat seperti itu, setidaknya carilah tempat ramai yang dekat dengan warga. Selain itu, perhatikan kondisi sekitar apakah ada orang yang mencurigakan sebelum memberhentikan mobil.

    • Mengecek Mobil

    Apalagi yang harus dilakukan bila ban mobil kena ranjau paku? Ya, Anda bisa mengecek mobil secara langsung untuk mengetahui kerusakan yang disebabkan oleh ranjau tersebut.

    check kondisi banFreepik.com

    Namun saat mengeceknya, jangan lupa untuk membawa serta barang berharga Anda. Jika kesulitan, masukkan ke tempat penyimpanan seperti dasbor, lalu dikunci. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di bawah jok mobil jika tidak muat.

    • Gantilah Ban dengan Segera

    Setelah mengetahui kerusakan yang disebabkan oleh ranjau paku, cobalah untuk mengganti ban mobil dengan segera. Bila mempunyai ban serep dan peralatan yang memadai, Anda bisa langsung menggantinya sendiri dengan memperhatikan keamanan.

    Namun bila Anda tak mempunyai ban serep atau tidak bisa menggantinya sendiri, cobalah untuk ke bengkel terdekat. Jangan lupa untuk mengunci mobil agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    • Hubungi Nomor Layanan Darurat

    Jika kerusakan yang dialami cukup parah sehingga tak bisa diperbaiki di lokasi atau keadaan tak memungkinkan lainnya, Anda bisa segera menghubungi nomor layanan darurat untuk membantu membawa mobil ke bengkel terdekat.

    Nomor layanan darurat ini bisa berasal dari asuransi atau perusahaan mobil derek lainnya. Sebagian nomor ini bisa dihubungi selama 24 jam setiap harinya. Anda bisa menunggu di tempat yang aman sampai bantuan ini datang.

    • Menggunakan Cairan Pelindung

    Saat Anda mengganti ban yang terkena ranjau, pastikan untuk menggunakan cairan pelindung setelahnya. Cairan ini akan memberi perlindungan ekstra pada ban mobil Anda untuk meminimalisir kebocoran jika terkena paku.