Berita

    Featured Image

    Lebih Penting Mana? Kecepatan vs Kenyamanan

    Jika disuruh memilih antara kecepatan vs kenyamanan mobil, faktor manakah yang lebih diprioritaskan saat akan membeli kendaraan? Jawabannya adalah tergantung dari tingkat kebutuhan dan preferensi yang diinginkan. 

    Apalagi tersedia banyak tipe mobil yang bisa Anda pilih mulai dari jenis SUV, MPV, hingga city car dengan berbagai fitur canggih yang tersemat. Lantas, faktor apa saja yang perlu dicermati sebelum membeli mobil? Berikut penjelasannya. 

    Faktor Kecepatan vs Kenyamanan Mobil yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menentukan Pilihan

    Bagi yang suka melaju di jalanan dengan kecepatan tinggi tentu lebih memilih mobil yang menawarkan kecepatan dengan performa mesin yang maksimal. 

    Sedangkan bagi yang lebih menyukai ketenangan dan kenyamanan cenderung memilih mobil yang menyediakan berbagai fitur canggih yang meningkatkan kenyamanan. 

    Berikut beberapa poin penting yang memengaruhi pemilihan jenis mobil antara yang memiliki tingkat kecepatan atau kenyamanan yang tinggi.

    • Faktor Kecepatan

    Sebagian pengendara penakluk kecepatan tentu akan membeli mobil dengan tenaga yang besar. Ini bisa ditemukan pada jenis mobil yang memiliki kapasitas silinder (CC) yang besar.

    Faktor Kecepatan pada mobilPixabay

    Ada beberapa faktor yang membuat konsumen memilih mobil yang menawarkan kecepatan tinggi, antara lain: 

    • Lebih Stabil 

    Berdasarkan pengakuan dari beberapa pengemudi menyebutkan bahwa mobil dengan CC besar justru lebih stabil ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. 

    Apalagi jika kendaraan tersebut kapasitas silinder mobil 2.000 CC ke atas seperti Suzuki Grand Vitara. Saat dipacu, dengan kecepatan tinggi mobil dengan CC yang besar tidak akan menimbulkan getaran. 

    Berbeda jika Anda memacu mobil jenis city car lebih dari 150 km/jam. Biasanya pada kecepatan yang tinggi body city car akan terasa goyang. 

    • Perawatan Mudah

    Pertimbangan berikutnya antara kecepatan vs kenyamanan mobil yang membuat pengemudi penakluk kecepatan lebih memilih mobil dengan CC besar adalah dalam hal perawatannya. 

    Mobil dengan silinder besar pada umumnya lebih mudah dirawat. Ini dikarenakan sebagian besar telah menggunakan busi dari bahan iridium sehingga lebih awet meski digunakan hingga 100.000 km.  

    • Sudah Komputerisasi

    Pada saat melakukan perawatan atau servis rutin, mobil dengan kapasitas silinder besar pada umumnya telah menggunakan sistem komputer. 

    Jadi, mekanik hanya perlu melihat kondisi dengan lebih teliti. Berbeda dengan mobil ber-CC kecil, ada bagian-bagian tertentu yang harus dibersihkan. 

    • Faktor Kenyamanan

    Aspek selanjutnya tentang kecepatan vs kenyamanan mobil, beberapa keluaran terbaru telah dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan yang mumpuni, antara lain:  

    • Cruise Control, memungkinkan mobil tetap melaju meski pedal gas tidak diinjak oleh pengemudi;

    • Auto Start-Stop, berguna saat terjebak di jalanan yang macet; 

    • E-MIRROR, memiliki banyak fungsi mulai dari sebagai dash cam, layar monitor interior, mencegah blind spot, dan lain-lain;

    • Automatic Air Conditioner, memberikan kenyamanan secara maksimal karena bisa menyesuaikan suhu interior secara otomatis sesuai kondisi; 

    • Touch Panel Audio, memberikan kemudahan pengguna untuk mengakses fitur audio dan hiburan secara langsung dari dashboard;

    • Audio Control, memudahkan pengemudi mengontrol fungsi audio melalui tombol yang ada di bagian lingkar kemudi;

    • Airbag, mampu memberikan perlindungan secara maksimal saat berkendara sehingga mengurangi risiko terbentur saat terjadi kecelakaan. 

    Pertimbangan Memilih Mobil yang Cepat atau Nyaman

    Setiap kendaraan memiliki plus minus yang jadi pertimbangan sebelum membeli. Misalnya, mobil dengan CC besar akan memengaruhi konsumsi bahan bakar yang besar alias boros bahan bakar. 

    Sedangkan pada mobil yang memiliki banyak fitur canggih cenderung boros aki, misalnya menyalakan audio dalam waktu lama. 

    Pada dasarnya, antara kecepatan vs kenyamanan mobil sama-sama faktor yang penting bagi pengendara. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhannya saja, apakah ingin mobil dengan kecepatan tinggi atau yang menyediakan berbagai fitur kenyamanan.