Berita

    Cara Mengatasi Bluetooth yang Tidak Bisa Connect ke Mobil

    Sebagian orang banyak yang mengeluh jaringan bluetooth  ponselnya tidak bisa terhubung dengan mobil. Sebenarnya ada beberapa cara connect bluetooth ke mobil yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut. 

    Ada beberapa faktor yang membuat jaringan bluetooth tidak bisa tersambung dengan mobil. Salah satunya karena ponsel mengalami gangguan/kerusakan, sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk mengatasinya. 

    4 Cara Connect Bluetooth ke Mobil untuk Perangkat Bermasalah

    Mengatasi jaringan bluetooth yang tidak mau terkoneksi sebenarnya mudah jika Anda tahu titik penyebabnya. Tapi untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pengecekan secara menyeluruh, sehingga cukup merepotkan. 

    Jika tidak ada waktu untuk mencari titik permasalahannya, coba lakukan cara-cara berikut. 

    • Restart Ponsel

    Cara simpel ini wajib Anda coba sebelum melakukan cara lain, bisa saja jaringan bluetooth ponsel Anda kembali normal saat di-restart

    Setelah ponsel kembali hidup coba sambungkan ulang untuk mengecek apakah jaringan bluetooth sudah bisa tersambung.  

    • Menghapus Riwayat Perangkat yang Terhubung

    Jika cara pertama tidak berhasil coba lakukan cara ini untuk mengatasi jaringan bluetooth yang tidak bisa terkoneksi ke mobil. Cara ini hanya bisa digunakan untuk perangkat yang sebelumnya sudah terkoneksi.

    Pertama hapus semua riwayat perangkat yang terkoneksi dengan ponsel dan sistem audio mobil. Setelah berhasil dihapus coba sambungkan ulang jika masih belum berhasil mungkin terjadi kerusakan pada ponsel atau sistem audio mobil. 

    • Cek Pembaruan Software 

    Sebelum mencoba cara terakhir sebaiknya Anda memeriksa pembaruan software pada ponsel dan sistem audio mobil. Siapa tahu pihak produsen memberikan pembaruan sistem perangkat lunak untuk mengatasi bug pada jaringan bluetooth perangkat Anda.

    connect bluetooth ke mobil

    • Mengembalikan ke Setelan Pabrik

    Cara connect bluetooth ke mobil ini tidak disarankan jika Anda memiliki file-file penting di dalam memori internal ponsel. Jika tetap ingin melakukannya pindahkan semua file penting ke memori eksternal atau perangkat lain agar tidak terhapus. 

    Dengan mengembalikan pengaturan ke setelan pabrik, sistem ponsel Anda akan kembali seperti awal. Cara ini sering dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel pintar termasuk gangguan pada jaringan bluetooth. 

    Penyebab Bluetooth Tidak Tersambung ke Mobil

    Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan jaringan bluetooth tidak terhubung dengan sistem audio mobil, berikut beberapa di antaranya:

    • Head Unit Bermasalah 

    Selain karena sistem perangkat yang mengalami masalah, gangguan pada jaringan bluetooth juga bisa disebabkan karena head unit mengalami gangguan. 

    • Kerusakan pada Hardware 

    Masalah pada head unit bisa dipicu karena sistem hardware perangkat mengalami kerusakan. Jalan satu-satunya mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti komponen hardware yang rusak dengan yang baru. 

    • Terjadi Gangguan Frekuensi

    Sama seperti jaringan seluler dan WiFi, koneksi bluetooth juga bisa mengalami gangguan frekuensi karena perangkat elektronik lain. Untuk mengatasinya jauhkan perangkat elektronik yang bisa mengganggu dan menghalangi frekuensi bluetooth

    • Daya Baterai Ponsel Lemah

    Jaringan bluetooth yang bermasalah juga bisa disebabkan karena daya baterai ponsel melemah. Sebelum menyalakan bluetooth pastikan ponsel memiliki daya baterai yang cukup, minimal 40 persen agar kinerjanya tidak terganggu.

    Nah, itulah tadi beberapa cara connect bluetooth ke mobil yang bisa dicoba secara mandiri di rumah.  Jika ponsel baik-baik saja tapi jaringan bluetooth tidak bisa terhubung ke mobil, maka Anda perlu memeriksa komponen pada sistem audio mobil.