Berita

    Featured Image

    Simak Tips Mengemudi di Jalan Menanjak

    Mengemudi di permukaan yang datar tidak memberikan tekanan berlebih pada mesin kendaraan. Namun, akan berbeda ketika Anda harus berkendara di tanjakan yang curam, sebab mesin harus bekerja keras untuk bisa naik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tips & trik mengemudi jalan menanjak ini. 

    Tips untuk Mengemudi Jalan Menanjak Agar Tidak Kecelakaan

    Berikut adalah tips untuk mengemudi di jalan yang menanjak agar tetap aman dan tidak mengalami kecelakaan.

            1. Sabar Ketika Mau Menyalip 

    Ketika Anda harus melewati area perbukitan dengan jalanan yang terus menanjak, sewaktu ingin menyalip perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebab, menyalip di area tanjakan itu sangat sulit. 

    Untuk bisa menyalip kendaraan lain di area tanjakan, Anda harus menghindari melakukan manuver menyalip di tengah tikungan. Tunggu hingga berada di bagian lurus yang lebih panjang dan lebar. 

    Perhatikan pula bagian samping kanan kiri apakah ada kendaraan lain ataukah tidak. Kemudian, ketika sudah menemukan kondisi kosong, Anda bisa menyalip dengan hati-hati. Jangan lupa untuk membunyikan klakson sebelum menyalip, sebagai tanda buat pengendara di depan. 

    Dalam menyalip mobil di jalanan menanjak, kesabaran adalah kuncinya. Jadi, tunggu hingga keadaan aman untuk menyalip dan jangan buru-buru. 

            2. Arahkan Ke Gigi yang Benar

    Setiap mobil memiliki perangkat luar biasa yang disebut gearbox yang akan sangat membantu ketika harus mengemudi di jalan berbukit. 

    Saat mengemudi jalan menanjak, gravitasi bekerja melawan dengan membuat kendaran berjalan lebih lambat. Pada saat ini, posisi terbaik dan teraman adalah tetap berada di gigi paling rendah, yang mana saat itulah output torsi akan lebih maksimal. 

    Saat menuruni tanjakan, Anda dapat menempatkan gigi lebih tinggi daripada bagian yang menanjak. Gravitasi juga membantu Anda dalam hal ini sehingga Anda tidak memerlukan beban torsi yang bergunung-gunung. Memiliki gigi ekstra di tangan juga memberi Anda ruang untuk pengereman yang sangat berguna di jalan seperti itu.

            3. Perhatikan Tanda-Tanda Jalan

    Kegunaan rambu lalu lintas memang sangat diremehkan oleh para pengendara. Di daerah perbukitan, rambu-rambu jalan memberi Anda semua informasi penting tentang jalan di depan.