Berita

    Cara Mengatur Barang Dibagasi Mobil Agar Terlihat Ringkas

    Mengatur barang dibagasi mobil merupakan cara ampuh agar barang bawaan Anda dapat muat dan terlihat rapi. Apalagi jika dihadapkan dengan situasi dimana Anda harus membawa barang banyak, seperti liburan atau urusan bisnis keluar kota.

    Namun tahukah Anda, dengan melakukan penataan barang dibagasi mobil merupakan salah satu tindak untuk meminimalisir risiko kecelakaan. Karena dengan melakukan hal tersebut, performa mobil lebih stabil sehingga keselamatan penumpang lebih terjaga.

    Lalu apa saja tips yang harus Anda ketahui? Berikut penjelasannya!

    Tips Mengatur Barang Dibagasi Mobil

    Soal mengatur penataan barang, memang dapat dikatakan hal yang gampang-gampang susah. Meski tidak perlu skill handal dalam melakukan hal tersebut, namun Anda harus mengetahui tips-tips yang bisa memudahkan dalam pelaksanaannya.

    Berikut beberapa tips agar barang dibagasi lebih ringkas, rapi dan padat sehingga dapat menjamin keselamatan Anda: 

    • Klasifikasikan Barang Berdasar Ukuran Beratnya

    Hal yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengelompokan barang berdasar ukuran beratnya. Karena hal ini, akan membantu Anda untuk pengurutan penyimpanan dibagasi mobil.

    Mengapa demikian? Ya, karena penyimpanan barang dibagasi mobil alangkah lebih baik menggunakan prinsip pusat gravitasi. Dimana Anda harus menaruh barang yang paling berat terlebih dahulu, kemudian barang yang lebih ringan.

    Hal ini karena semakin rendah posisi beban pada bagasi, akan membuat pengendalian mobil semakin bagus. Sehingga terjadi kestabilan dan terhindar terjadinya body roll atau mobil menjadi miring pada saat berada di tikungan.

    • Perhatikan Penyusunan Barang

    Ketika Anda akan mengatur barang dibagasi mobil, pastikan barang saling mengunci satu sama lain. Sehingga tidak ada celah kosong di antara barang dan kumpulan barang menjadi rapat antara sisi kiri dan sisi kanan.

    Mengapa demikian? Ya, karena hal ini akan membuat barang Anda tidak berpindah-pindah pada saat mobil berjalan. Apalagi jika jalan yang dilalui mobil tidak rata. Pergeseran barang pada bagasi mobil ini bisa berpengaruh pada pengendalian mobil.

    Upaya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membeli jaring barang untuk mengikat antar barang dalam mobil menjadi lebih kuat. Meski beberapa mobil sudah memiliki jaring, Anda bisa membeli jaring tambahan di toko terdekat.

    • Perhatikan Barang Agar Tidak Menutup Kaca Belakang