Berita

    10 Hal yang Bisa Bikin Mobil jadi Awet

    Sebagai pemilik mobil, wajib bagi Anda mengetahui tips merawat mobil agar lebih awet, tidak mudah rusak, dan bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh bersama keluarga. Lantas, seperti apa tips tersebut? Mari ikuti informasi berikut!

    Tips Merawat Mobil agar Memperpanjang Usia Pakai

    Rutin memberikan perawatan mobil akan memperpanjang usia pakainya. Anda juga akan merasa nyaman dan aman saat menggunakannya. Nah, untuk Anda yang masih bingung dengan cara merawat mobil yang tepat, terapkan tips ini:

    • Tetap Diservis

    Ketika Anda membeli mobil baru, sudah ada petunjuk kapan mobil harus diservis. Untuk itu, lakukan sesuai rekomendasi pabrik agar mobil lebih awet. 

    Tidak ada salahnya pula bila Anda menyervis mobil lebih awal dari jadwal. Terutama ketika Anda hendak berkendara jarak jauh atau menyimpan mobil dalam jangka lama. 

    • Rutin Periksa Kondisi Ban

    Penting untuk rutin memeriksa kondisi ban, terutama di tekanan anginnya. Pasalnya, tekanan angin yang tidak tepat akan membuat berkendara jadi tidak nyaman. 

    Keselamatan pun bisa terancam bila anginnya lebih rendah dari standar. Jadi, selalu periksa kondisi ban sebelum bepergian. 

    • Jangan Lewatkan Waktu Mengganti Oli

    Cairan oli berperan untuk melumasi dan mendinginkan mesin yang panas selama berkendara.

    Jadi, tips merawat mobil yang ketiga adalah memastikan untuk menggantinya secara teratur, minimal satu bulan sekali. Pasalnya, lewat mengganti oli bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. 

    • Jangan Mengabaikan Masalah

    Suatu waktu mungkin Anda mendengar ada suara seperti ketukan yang keluar dari mesin atau mobil terlalu berguncang saat melewati jalanan berlubang. 

    Saat Anda menemukan masalah seperti itu, segera lakukan pengecekan dan bawa ke bengkel resmi. Jangan mengabaikannya dan menganggap mesin mobil dalam kondisi baik-baik saja. 

    • Lakukan Pemanasan Secara Rutin

    Mesin yang dihidupkan saat kondisi oli masih dingin, bisa merusak kondisi mobil dan mengurangi performanya. 

    Untuk itu, lakukan pemanasan secara rutin. Caranya, hidupkan mesin dan diamkan sekitar 30 hingga 60 detik. Kemudian, kendarai secara perlahan sampai mesin berada di suhu normal. 

    • Lancar dalam Berkendara

    Ingat, teknik mengemudi juga berdampak ke performa kendaraan. Karena itu, penting untuk Anda memperlancar skill mengemudi agar tidak terlalu banyak menginjak rem yang bisa merusak mesin dan performanya. 

    • Jaga Aki Kendaraan

    Agar mobil lebih awet, pastikan untuk Anda selalu melakukan tips merawat mobil khususnya pada aki. Secara umum, aki mobil akan bertahan sampai tiga tahun pemakaian. Lakukan penggantian secara berkala. 

    Hindari pula mendiamkan mobil dalam waktu lama karena bisa merusak aki dan memperpendek usianya. Selalu kendarai mobil meskipun untuk jarak dekat. 

    • Lakukan Pemeriksaan Rutin

    Pastikan Anda melakukan pemeliharaan preventif dengan memeriksakan kendaraan secara mandiri.

    melakukan pemeriksaan mobilFreepik.com

    Tidak perlu menjadi ahli mekanik, Anda hanya perlu peka terhadap tanda-tanda kerusakan dan menjadi orang teliti saat memeriksa mesin mobil. Perhatikan semua komponen mesin dan cari apa ada kebocoran cairan atau tidak. .

    • Meringankan Beban pada Mobil

    Setiap kendaraan memiliki batas maksimal muatan yang bisa dibawa. Karena itu, hindari memberi beban berlebih pada mobil. 

    Usahakan untuk mengurangi barang bawaan agar mobil tidak mendapat tekanan berlebih. Sebab, hal itu bisa merusak rem, suspensi, dan ban. 

    • Investasikan untuk Kualitas Suku Cadang

    Keluarkan uang ekstra untuk membeli suku cadang berkualitas tapi membuat mobil lebih awet. Pastikan untuk menggunakan suku cadang asli dari dealer resminya, ya. 

    Itulah 10 tips merawat mobil yang perlu Anda perhatikan. Pastikan untuk mengikuti semuanya agar mobil lebih awet dan tidak mudah rusak!