Berita

    Hal Ini Harus Dihindari saat Perjalanan Mudik Lebaran

    Menjadi kegiatan di saat lebaran yang dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi siapa saja yang merantau ke luar dari kampung halamannya, terdapat berbagai tips mudik yang harus diketahui dan dilakukan guna mendapat keamanan, kenyamanan, dan kebahagiaan.

    Salah satu dari hal tersebut adalah tips terkait dengan berbagai hal yang harus dihindari saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

    Sebagai sebuah perjalanan yang menyenangkan serta pelepas rindu kepada kampung halaman, perjalanan mudik ini pastinya punya risiko yang membuat Anda tetap saja harus hati-hati demi bisa tiba di sana dengan selamat.

    Tips Mudik Lebaran: Hal yang Harus Dihindari saat Mudik Lebaran

    Berbicara tentang lebaran, mudik adalah salah satu yang paling sering dibahas, ditekankan, dan dilakukan. Biasanya, mudik banyak dilakukan oleh para perantauan yang merantaunya ke kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, dan lain-lain.

    Menjadi sebuah perjalanan yang pastinya ada proses dan tantangannya, inilah berbagai hal yang harus dihindari saat melakukan mudik lebaran agar bisa tiba di kampung halaman dengan aman dan nyaman:

    • Kondisi Tubuh dalam Keadaan Sakit

    Saat hendak melakukan perjalanan baik itu liburan biasa maupun mudik lebaran, pastikan kondisi tubuh Anda harus dalam keadaan yang sehat jangan sampai sakit.

    Ini sangat penting karena saat melakukan perjalanan kondisi fisik yang sehat, Anda akan mampu fokus dengan baik pada saat menyetir.

    Dengan fokus yang baik, Anda bisa mawas sehingga bisa berkendara dengan aman sampai ke tempat yang dituju.

    Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tips mudik ini menganjurkan Anda untuk tidur dalam durasi yang cukup serta mengonsumsi berbagai makanan berkualitas untuk kesehatan. 

    • Mobil yang akan Digunakan dalam Kondisi Tidak Prima

    Ketika hendak melakukan perjalanan mudik, pastikan mobil yang akan Anda kendarai berada di kondisi yang prima jangan sampai tidak.

    Sebab ketika kondisi mobil tidak prima, maka berbagai risiko atau bahaya perjalanan bisa terjadi akibat ada kerusakan pada mobil bisa dihindari.

    • Berhati-hati Saat Melakukan Perjalanan di Malam Hari

    Meskipun Anda sudah dalam kondisi tubuh yang sehat serta punya mobil kondisinya prima, salah satu tips mudik yang juga harus diperhatikan adalah seusaha mungkin janganlah melakukan perjalanannya di malam hari. Hal ini dikarenakan malam hari adalah waktu di mana fokus Anda menjadi lebih mudah berkurang, sebab waktu ini adalah waktu untuk tubuh beristirahat.

    berkendara di malam hariFreepik.com

    Bukan hanya itu, pada saat malam hari jarak pandang juga lebih pendek sehingga risiko untuk celaka akibat jalan tidak terlihat jelas dapat terjadi. Oleh karena itu, jika harus terpaksa harus tetap berhati-hati

    • Berkendara secara Ugal-Ugalan

    Di samping kesiapan mobil dan fisik, cara berkendara juga mempengaruhi keselamatan saat melakukan mudik lebaran.

    Oleh itu, tips ini mengimbau Anda agar tidak berkendara secara ugal-ugalan. Sebab, itu akan menimbulkan bahaya bagi Anda maupun pengendara lain di sekitar Anda.

    Jadi, berkendaralah secara tertib dan disiplin dengan taat lalu lintas serta tidak perlu berkendara dengan terlalu laju. 

    • Konsumsi Alkohol saat akan Mudik

    Menjadi hal yang benar-benar harus dihindari dalam segala bentuk perjalanan, dimohon sangat janganlah konsumsi alkohol saat hendak melakukan mudik, sekalipun persennya rendah.

    Alkohol dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya lebih mudah kehilangan fokus serta kehilangan kemampuan mengemudi secara sementara. Ketika itu terjadi, maka risiko celaka adalah hal yang besar kemungkinan akan Anda alami.