Berita

    Kenali Bahaya Tidur Didalam Mobil Saat AC Menyala

    Tidur didalam mobil saat AC menyala mungkin menjadi hal yang sering Anda lakukan secara tidak sadar. Apalagi bila terjebak kemacetan di tengah jalan karena begitu padatnya pengendara. Berhenti serta tidur di dalam mobil menjadi hal yang sering dilakukan. 

    Sebenarnya, tidur di dalam mobil menjadi hal yang tidak direkomendasikan karena memberikan sejumlah dampak buruk bagi diri Anda sendiri serta orang lain. 

    Bahaya Tidur Didalam Mobil saat AC Menyala

    Berikut sejumlah bahaya tidur di dalam mobil, antara lain:

            1. Risiko Keracunan

    Salah satu bahaya tidur di dalam mobil dengan kondisi AC menyala adalah keracunan karbon monoksida (CO). Gas CO adalah sisa pembakaran mobil yang sering dibuang dari knalpot atau keluar dari AC bila sistem pembuangan yang ada di AC bermasalah. 

    Keracunan CO bisa terjadi bila pengendara tidur di dalam mobil dan AC dalam keadaan masih menyala. Lebih menyeramkannya lagi, gejala awal dari keracunan gas CO ini begitu sulit dideteksi karena gas ini tidak berbau serta tidak terlihat. 

            2. Adanya Risiko Guncangan

    Memang, tidur menggunakan kasur dalam mobil akan terlihat sangat nyaman. Padahal, mobil tidak dirancang mempunyai kasur di dalam. Beda dengan kendaraan lain, mobil adalah kendaraan yang dinamis dan dapat melakukan akselerasi ke kanan dan ke kiri. Bahkan dapat berhenti mendadak. 

    Ketika tidur di dalam mobil, hal ini akan membuat Anda rawan terguncang saat terjadi gerakan secara tiba-tiba dari mobil dan sangat berisiko mencelakakan diri Anda. 

            3. Risiko Penggumpalan Darah Menjadi Semakin Meningkat

    Apakah tidur ketika dalam posisi duduk menandakan Anda aman? Ternyata tidak. Ketika tidur didalam mobil saat AC menyala, hal ini berisiko menyebabkan gumpalan darah. 

    Hal ini disebabkan karena Anda akan duduk dalam waktu yang lama dan akhirnya darah di kaki statis. Hal tersebut berisiko menyebabkan penggumpalan darah.

            4. Risiko Tertabrak

    Tidak hanya kurang baik untuk kesehatan, tetapi tidur di dalam mobil juga mempunyai risiko kecelakaan tinggi. Lebih-lebih bila Anda tidak memarkirkan kendaraan di posisi yang benar. Tentu saja kecelakaan dapat terjadi. 

    Tips Aman Tidur di Mobil

    Bila ingin tidur di dalam mobil, berikut sejumlah tips aman yang dapat Anda ikuti, antara lain: