Berita

    Ketahui Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

    Mudik membawa bayi tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang berbeda. Mengajak si kecil melalui perjalanan yang cukup lama akan memberi tantangan tersendiri bagi orang tua. Namun, dengan menerapkan tips mudik lebaran bawa bayi yang tepat, maka hal ini tak akan terasa begitu sulit bahkan jadi menyenangkan. Yuk, simak apa saja tips yang bisa diterapkan saat mudik membawa bayi!

    Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

    Mudik memang akan terasa melelahkan. Apalagi bagi bayi yang mudah sekali rewel dan merasa tidak nyaman di perjalanan. Demi mendapatkan pengalaman mudik yang nyaman bersama bayi, cobalah untuk menerapkan tips-tips berikut ini:

    • Gunakan Car Seat

    Ini adalah tips paling penting yang harus Anda lakukan jika membawa bayi mudik atau menempuh perjalanan jauh. Car seat akan membuat bayi merasa nyaman selama di dalam mobil. Selain itu car seat juga digunakan demi alasan keamanan bayi jika sewaktu-waktu terjadi guncangan atau benturan. 

    Pemakaian car seat juga akan membantu orang tua merasa nyaman dan tidak pegal karena harus memangku bayi. Pastikan untuk memilih car seat yang tepat, aman, dan kuat. Periksa kembali posisi bayi secara berkala untuk memastikan kenyamanannya di car seat.

    • Dampingi Bayi

    Meskipun bayi sudah duduk aman di car seat, namun tetap penting untuk mendampinginya. Temani bayi duduk di kursi belakang dan ajaklah bercengkerama. Bayi bisa saja merasa bosan dan rewel jika tidak ditemani. Saat bayi terjaga, ajak dia bernyanyi atau mengobrol. Jika bayi tertidur, Anda bisa berpindah ke kursi depan supaya bayi tidur dengan tenang. 

    • Sediakan Mainan Favorit

    Bawalah mainan favorit untuk bayi Anda. Ini menjadi salah satu tips mudik lebaran bawa bayi yang juga tak kalah penting. Melalui perjalanan mudik yang panjang tentu akan membuat bayi merasa bosan. Jadi, berikanlah mainan agar ia tak merasa bosan di perjalanan. 

    Tak perlu membawa terlalu banyak mainan, bawa saja benda-benda yang ia sukai. Cari tahu benda apa yang sering dimainkan dan bisa membuatnya duduk tenang. Ini akan sangat membantu bayi tetap tenang dan tidak rewel selama perjalanan. 

    • Sesekali Ajak Bayi Keluar

    Penting sekali untuk memberikan jeda selama perjalanan mudik apalagi jika Anda membawa bayi. Berada di dalam mobil biasanya akan membuat bayi merasa tidak nyaman, mudah lelah, dan jadi rewel. Cobalah untuk berhenti di rest area dan ajak bayi keluar menghirup udara segar.