Berita

    Pentingnya Etika Mengemudi yang Membuat Nyaman Berkendara

    Salah satu upaya menjadi pengguna jalan yang baik adalah menerapkan etika mengemudi dengan benar. Sebab hal tersebut merupakan prinsip penting yang perlu dipatuhi ketika Anda mengendarai kendaraan.

    Bayangkan jika kita tidak mengetahui dan tidak menerapkan aturan mengemudi, maka akan sangat berbahaya bagi pengendara maupun pengguna jalan lain.

    Terlebih saat ini pengguna mobil terus meningkat, kesadaran pengendara sangat diperlukan untuk menciptakan kelancaran arus transportasi sehari-hari.

    Demi menjadi pengemudi yang baik, maka simak beberapa etika saat mengemudi seperti di bawah ini!

    Patuhi Berbagai Etika Mengemudi Berikut

    Untuk menjaga keselamatan diri Anda saat berkendara, maka Anda perlu menerapkan beberapa etika berkendara berikut ini:

    • Jangan Lupa Pakai Sabuk Pengaman

    Salah satu upaya menjaga keamanan berkendara ialah memasang sabuk pengaman ketika hendak mengendarai mobil kemana pun. Umumnya, setiap mobil sudah memiliki sabuk pengaman yang terpasang di jok depan dan sangat mudah digunakan.

    Cara pakainya sangat sederhana, cukup tarik sabuk kepada pengunci sabuk pengaman sampai muncul bunyi klik. Dengan menerapkan aturan ini, Anda juga bisa terbebas dari surat tilang ketika terjadi pemeriksaan.

    • Jangan Gunakan Gadget Ketika Berkendara

    Etika mengemudi lain yang juga penting ialah tidak fokus pada gadget ketika berkendara. Hal ini merupakan hal wajib karena menggunakan gadget saat mengemudi dapat berbahaya bagi keselamatan diri Anda.

    Apalagi mobil-mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem entertainment yang memudahkan koneksi gadget ke mobil, hal ini tentu sangat berisiko dan sebaiknya dihindari.

    • Berkendara Melebihi Batas Kecepatan

    Apapun situasinya, usahakan untuk tetap mengemudi dalam bata kecepatan normal yang sesuai dengan kondisi jalan. Meski sedang berjalan di toll, Anda tetap harus memperhatikan kecepatan kendaraan yang digunakan agar tetap aman dan terhindar dari risiko kecelakaan.

    Meskipun Anda sedang terburu-buru, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan Anda mempercepat kendaraan sampai melebihi batas normal.

    • Mengutamakan Kepentingan Umum

    Ketika berada di jalan, Anda tidak bisa mementingkan diri sendiri. Karena kepentingan umum harus diutamakan demi kenyamanan dan keamanan sesame pengendara.

    Jika Anda sedang dalam perjalanan dan menemui ambulan atau pemadam kebakaran, maka biarkan mereka lewat lebih dulu karena situasi tersebut termasuk darurat.