Berita

    Simak 6 Tips Aman Menyetir di Dekat Truk

    Pengendara jalan raya beragam jenisnya, mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat seperti motor, sepeda, mobil, hingga truk. Walau truk merupakan kendaraan paling besar, Anda tetap bisa menyetir aman di dekat truk jika menerapkan tips-tips di artikel ini.

    Sebab Anda pasti seringkali ingin menyalip truk karena sedang terburu-buru dan ingin cepat sampai tujuan. Namun, jangan gegabah dengan sembarangan berkendara terlalu dekat dengan truk karena berbahaya bagi keselamatan Anda.

    Tips Menyetir Aman di Dekat Truk

    Terapkan tips di bawah ini agar Anda bisa berkendara di dekat truk dengan lebih aman dan terhindar dari risiko berbahaya.

    • Menjaga Jarak Aman Kendaraan

    Truk memiliki blind spot yang letaknya ada di kanan, kiri, serta belakang truk. Hindari terlalu dekat dengan badan truk karena Anda tidak akan memiliki ruang untuk melihat ke luar jalur sebab terhalang badan truk.

    Jaga jarak kendaraan tetap aman sesuai ketentuan jarak aman kendaraan yang berlaku. Selain memberi Anda kenyamanan dan keamanan, sopir truk pun memiliki ruang gerak yang cukup serta dapat melihat kendaraan Anda dari spion.

    • Memperhatikan Truk Saat Manuver

    Bila Anda melihat truk ingin melakukan manuver, beri ruang yang cukup agar dapat terlaksana dengan cepat. 

    Sebab badan truk yang besar membuatnya tidak bisa memutar, belok, maupun parkir dengan leluasa. Itulah mengapa Anda harus peka dan segera memberi ruang untuk truk manuver, yang salah satunya bisa dilakukan melalui jaga jarak aman kendaraan.

    • Memberi Isyarat Saat Ingin Menyalip

    Tips menyetir aman di dekat truk yang satu ini penting Anda lakukan ketika akan menyalip truk. 

    Beri tanda atau isyarat dengan menyalakan lampu dim maupun membunyikan klakson, sehingga sopir truk paham dan waspada terhadap kendaraan Anda.

    Lalu, Anda juga harus memastikan bahwa tersedia ruang yang cukup untuk kendaraan Anda di depan truk. Cara tersebut perlu Anda terapkan terutama di jalan dua arah, seperti jalur antar provinsi.

    • Hindari Merasa Ragu dan Takut

    Tips ini pun tidak kalah penting, sebab rasa takut maupun ragu akan berpengaruh pada cara Anda berkendara. Apabila Anda tidak percaya diri dan ragu, sebaiknya hindari menyalip dan jaga jarak aman dengan berkendara di belakang truk. 

    • Pahami Rambu Menyalip