Berita

    Featured Image

    Tetap Nyaman Berkendara! Ini Tips Mengatur Audio Mobil

    Kualitas audio di dalam mobil menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman berkendara. Akan tetapi, setiap mobil memerlukan perlakuan yang tak sama. Anda wajib tahu tips mengatur audio mobil yang tepat agar perjalanan Anda lebih menyenangkan.

    Perangkat audio bawaan biasanya berkualitas standar. Jika Anda ingin mengaturnya sesuai dengan preferensi pribadi Anda, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan lewatkan informasi penting pada pembahasan kali ini!

    Tips Mengatur Audio Mobil dengan Tepat

    Memahami pengaturan audio lanjutan, termasuk menentukan tingkat volume dan frekuensi yang tepat, dapat meningkatkan kualitas audio di mobil Anda. Marilah menuju ke pembahasan yang pertama!

    1. Nyalakan Stereo Mobil

    Anda dapat mulai mengotak-atik pengaturan audio dengan menyalakannya terlebih dahulu. Dengan pengaturan bawaan, cobalah putar beberapa lagu yang memiliki tingkat kekuatan suara berbeda.

    1. Temukan Pengaturan Audio

    Umumnya, head unit mobil modern memiliki tombol pemutaran audio yang langsung mengarahkan Anda ke menu pengaturan suara atau equalizer. Di pengaturan equalizer ini, Anda dapat mengatur keseimbangan pita suara dengan frekuensi yang berbeda.

    Equalizer menyediakan dua opsi pengaturan audio terbaik, yaitu preset dan custom. Dengan opsi preset, Anda dapat mengoptimalkan kualitas audio berdasarkan genre atau perangkat yang Anda gunakan.

    Selanjutnya, di opsi pengaturan equalizer custom, Anda dapat menyesuaikan audio sesuai dengan selera Anda. Namun, Anda harus memahami pita frekuensi dengan betul, karena pengaturan ini akan mempengaruhi kualitas audio secara keseluruhan.

    1. Sesuaikan Pengaturan Equalizer

    Setelah mengetahui betapa pentingnya keberhasilan pengaturan equalizer, mari sesuaikan pengaturan ini dengan sebaik-baiknya. Dalam pengaturan equalizer, Anda perlu menyesuaikan bass, midrange, dan treble.

    Sebaiknya Anda memahami tips mengatur audio mobil lebih lanjut, terutama pada pembagian frekuensi berikut, antara lain:

    • Bass (20 Hz - 250 Hz): mengontrol suara dengan frekuensi rendah, seperti gitar bass dan drum. Pengaturan ini membuat audio Anda terdengar penuh dan hangat tanpa terdengar terlalu kuat atau tipis.

    • Midrange (250 Hz - 4 kHz): menyeimbangkan kualitas audio antara vokal dan instrumen agar terdengar detail dan jernih. Semua audio yang berada di rentang frekuensi menengah tercakup dalam pengaturan ini.

    • Treble (4 kHz - 20 kHz): menciptakan suara agar terdengar “high-end” tanpa kesan kasar atau flat. Semua audio yang berada di rentang frekuensi tinggi, seperti simbal dan gitar, masuk dalam pengaturan treble.

    1. Atur Balance Suara Speaker

    Masih di menu pengaturan audio, carilah pengaturan balance. Pengaturan ini berfungsi mendistribusikan suara ke speaker kiri maupun kanan. Anda dapat mengarahkan pengaturan ini ke tengah agar suara terdengar seimbang.

    1. Sesuaikan Fade

    Selain mengatur speaker kanan dan kiri melalui balance, Anda juga harus mengatur fade. Pengaturan ini mengontrol distribusi suara dari speaker depan ke speaker belakang.

    1. Uji Keseimbangan Audio

    Setelah melakukan serangkaian penyesuaian, sekarang lakukanlah uji keseimbangan audio mobil Anda. Putar beberapa lagu dengan karakteristik suara yang berbeda.

    Jika semua lagu terasa enak didengar, berarti pengaturan Anda bisa dikatakan sukses. Pengaturan yang baik tidak akan terdengar terlalu berbisik di lagu yang slow dan tidak terlalu pecah di lagu yang ngebeat atau ngebass.

    Setiap mobil memiliki karakteristik audio yang berbeda, sehingga cara pengoptimalannya pun berbeda. Anda dapat memanfaatkan tips di artikel ini untuk bereksperimen dalam rangka menemukan kombinasi yang sempurna.