Berita

    Tetap Tenang! Tips Aman Belajar Mengemudi

    Saat pertama kali belajar mengemudi tentu banyak orang yang merasa gugup atau takut. Namun hal tersebut adalah hal yang wajar karena jam terbang yang masih minim. Jangan khawatir, perasaan takut tersebut akan menghilang ketika Anda terbiasa mengemudi.

    Anda tidak perlu merasa putus asa ketika Anda membuat kesalahan. Jadikan kesalahan saat mengemudi sebagai pembelajaran agar Anda dapat mengemudi dengan lebih baik!

    Tips Belajar Mengemudi tanpa Rasa Takut

    Agar Anda dapat mengemudi dengan baik, Anda perlu mengendalikan rasa takut dan gugup Anda sehingga tidak menghalangi Anda dalam belajar menyetir. Tenangkan diri Anda, berikut tips aman belajar menyetir mobil bagi pemula.

    • Pahami Cara Kerja Semua Bagian dan Fitur Mobil

    Sebelum turun ke jalan, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri baik dari segi fisik, mental, dan pengetahuan. 

    Pertama Anda perlu mempelajari dan memahami terlebih dahulu mulai dari jenis mobil, fitur-fiturnya, dan bagaimana cara kerjanya. Ketahui apakah mobil yang Anda kendarai berjenis matic atau manual.

    Kemudian pahami cara menggunakan rem, gigi, dan gas. Ketiga komponen tersebut termasuk komponen krusial dalam mengemudi. Pedal yang paling kiri adalah kopling, pedal di tengah adalah rem, dan pedal paling kanan adalah gas. 

    Anda harus benar-benar memahami ketiga komponen di atas agar tidak salah menginjak saat mengemudi. 

    Selain itu, Anda juga perlu memahami fitur lainya seperti rem tangan, lampu depan dan belakang, dan sejenisnya. jangan lupa juga untuk memahami rambu-rambu lalu lintas.

    • Mengemudi dengan Aman

    Sebelum belajar menyetir, pastikan Anda memakai sabuk pengaman dengan benar untuk menjaga Anda ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Pastikan pula mobil dalam kondisi prima mulai dari fungsi rem, tekanan angin ban, dan sejenisnya.

    mengemudifreepik.com

    Karena Anda masih belajar, maka gunakan kecepatan rendah atau kecepatan pada batas aman. Hindari mengebut karena jika kemampuan mengendalikan mobil Anda masih lemah maka bisa berisiko menyebabkan kecelakaan. 

    Saat belajar usahakan singkirkan barang yang dapat mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. Jika Anda mengemudi di jalan raya, maka jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. 

    • Tenangkan Diri sebelum Mengemudi

    Untuk membantu menghilangkan rasa gugup atau tegang, atur posisi duduk Anda senyaman mungkin mulai dari sandaran sampai posisi jok. 

    Kemudian Anda bisa latihan pernapasan dengan menarik napas secara perlahan kemudian hembuskan. Ulangi latihan tersebut sampai Anda merasa lebih tenang. 

    Anda tidak terlalu pusing memikirkan fungsi fitur saat menyetir. Fokuskan pikiran Anda pada jalanan di depan. 

    • Mengemudi di Area yang Familiar

    Jika Anda baru pertama kali mengemudikan mobil, maka Anda bisa memilih jalanan yang familier. Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda tidak belajar menyetir di jalan raya yang memiliki lalu lintas padat.

    Anda juga bisa belajar di area atau lapangan yang disediakan khusus untuk latihan mengemudi. Jika Anda sudah dapat mengemudi dengan baik, maka Anda bisa mencoba mengemudi di jalan raya. 

    • Belajar Mengemudi dengan Ditemani Pendamping Profesional

    Sebaiknya Anda tidak berlatih mengemudi secara otodidak atau tanpa pendamping profesional terutama jika Anda benar-benar masih awam mengenai mobil. 

    Adanya pendamping profesional tidak hanya dapat menjaga keamanan, namun juga membuat Anda lebih tenang saat mengemudi. Anda bisa mendapatkan pendamping dengan mendaftar kursus menyetir.