Berita

    Tips Aman Membersihkan Kotoran Burung di Mobil

    Kotoran burung menjadi salah satu noda yang kerap sekali mengotori mobil. Selain mengganggu penampilan, kotoran burung juga harus diwaspadai karena mengandung asam yang dapat merusak cat mobil. Berikut tips membersihkan kotoran burung di mobil.

    Saat Anda menjumpai kotoran burung di mobil sebaiknya segera bersihkan dan jangan tunggu sampai kotoran kering. Jika kotoran sudah kering maka Anda harus lebih berhati-hati dalam membersihkannya agar tidak merusak cat mobil.

    Tips Membersihkan Kotoran Burung di Mobil

    Berikut ini ada beberapa tips aman yang bisa Anda coba untuk membersihkan kotoran burung yang basah maupun kering.

    • Siram dengan Air

    Jika kotoran burung masih basah maka Anda bisa membersihkan kotoran dengan cara menyiramnya dengan air. Kemudian usap dengan menggunakan kain microfiber sampai bersih.

    Setelah kotoran bersih Anda bisa membersihkan kembali bekas kotoran dengan menggunakan shampo khusus mobil.

    • Pakai Lap Basah

    Selain lebih sulit dibersihkan, kotoran yang sudah mengering juga dapat menggores cat mobil jika Anda tidak berhati-hati. Lalu bagaimana jika kotoran sudah terlanjur kering?

    Pakai Lap Basah untuk menghilangkan noda burungFreepik.com

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membersihkan kotoran yang mengering. Pertama jangan membersihkan kotoran secara paksa. 

    Kotoran burung kering biasanya mengandung partikel kasar seperti pasir. Apabila Anda menggosoknya secara paksa maka partikel tersebut bisa menggores cat mobil Anda. Berikutnya jangan menggunakan kain kasar atau kering.

    Anda bisa membersihkan kotoran kering dengan cara meletakkan kain basah di atas kotoran. Jika kotoran sudah melunak, Anda bisa mengusap kotoran dengan lap tersebut dan menyiramnya dengan air sampai bersih.

    • Memakai Air Panas

    Jika menggunakan lap basah dan air biasa masih tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba melunakkan kotoran dengan menggunakan air panas. Caranya siram bagian yang kotor dengan air panas kemudian bersihkan kotoran yang tersisa dengan shampo mobil

    Setelah kotoran bersih Anda bisa membilas mobil Anda dengan air biasa sampai bersih. Jangan lupa lap sampai kering dengan memakai kain microfiber. 

    • Manfaatkan Soda Kue

    Tips membersihkan kotoran burung di mobil berikutnya yaitu dengan menggunakan soda kue. Baking soda memang sudah terkenal mampu mengangkat noda pada berbagai material dengan baik.

    Caranya campurkan 2 sendok maka baking soda dengan sedikir air panas dan shampo mobil. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada noda yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah 10 menit bilas permukaan mobil dengan air. Ulangi cara tersebut sampai kotoran burung benar-benar menghilang. Namun, penting untuk mempraktikan cara ini dengan hati-hati agar tidak merusak cat mobil Anda.

    • Pakai Produk Cairan Pembersih

    Tips membersihkan kotoran burung di mobil berikutnya Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang tersedia di pasaran untuk melarutkan kotoran burung yang kering. 

    Caranya Anda bisa semprotkan cairan pembersih tersebut ke spot noda. Diamkan selama beberapa menit kemudian bersihkan dengan kain microfiber. Atau Anda juga bisa mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan produk. 

    • Pakai Alkohol

    Alkohol juga bisa membantu melunakkan kotoran di mobil. Anda bisa mencelupkan kain microfiber pada alkohol kemudian gosok area yang kotor secara perlahan. Kemudian bilas bekas kotoran sampai bersih.

    Jika Anda tidak memiliki alkohol, Anda bisa menggantinya dengan cuka. 

    Supaya kotoran burung tidak langsung merusak atau menggores bodi mobil, Anda bisa mengaplikasikan wax sebagai perlindungan ekstra.