Berita

    Tips Membersihkan Karpet Mobil agar Tetap Awet

    Karpet mobil adalah salah satu bagian yang paling rentan terhadap kotoran dan debu. Membersihkan karpet secara teratur bukan hanya untuk penampilan yang bersih, tetapi juga untuk menjaga keawetannya. 

    Apalagi jika Anda seringkali bepergian. Maka karpet akan sering kotor karena terinjak-injak ketika keluar masuk mobil. Pembersihan rutin perlu dilakukan untuk hal ini.

    Cara Membersihkan Karpet Mobil 

    Aksesoris mobil juga harus rutin Anda bersihkan. Supaya tetap tahan lama dan tentu saja tidak menyimpan debu atau kotoran. Salah satunya adalah karpet yang sering terinjak-injak di mobil.

    Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membersihkan karpet Anda agar tetap awet dan menarik:

    • Vakum Secara Rutin

    Langkah pertama dalam merawat karpet pada mobil adalah dengan menyedot debu dan kotoran secara teratur. Gunakan penyedot debu atau vakum dengan nozzle yang sesuai untuk mencapai area-area sulit di mobil Anda. 

    Vakum secara rutin akan mencegah debu dan kotoran menumpuk hingga mengurangi risiko penurunan kualitas karpet. Setidaknya lakukan vakum karpet selama satu minggu sekali ya, untuk pemakaian mobil rutin setiap hari.

    • Hapus Noda dengan Cepat

    Noda dan tumpahan mungkin Anda dapatkan ketika sering makan atau minum di dalam mobil. Bersihkan noda dengan cepat menggunakan kain bersih dan basah untuk mencegahnya lengket di karpet. 

    Sebaiknya Anda menghindari penggunaan pembersih yang mengandung bahan kimia keras, karena dapat merusak serat karpet. 

    Cukup lap atau jika tidak ada, tisu di mobil juga bisa Anda gunakan. Maka dari itu, sebaiknya sediakan lap microfiber atau kanebo pada mobil untuk berjaga-jaga.

    • Gunakan Pembersih Karpet yang Aman

    Saat membersihkan karpet, pilihlah pembersih yang dirancang khusus untuk mobil. Pastikan pembersih tersebut aman untuk digunakan pada berbagai jenis karpet dan tidak meninggalkan residu yang dapat merusak serat!

    Kemudian jangan gunakan terlalu sering, misalnya saja setiap hari. Bersihkan rutin saja saat Anda sedang mencuci mobil!

    • Sikat dengan Lembut

    Apabila terdapat noda yang sulit dihilangkan, gunakan sikat dengan bulu lembut. Hindari menggunakan sikat yang terlalu kasar, karena dapat merusak serat karpet. Anda bisa mencari referensi sikat lembut  khusus untuk mobil.

    Selain itu, trik untuk menyikat permukaan karpet mobil  yang baik adalah dengan gerakan melingkar. Fungsinya untuk mengangkat noda tanpa merusak permukaan karpet. Lakukan pelan-pelan dan tentu hati-hati agar tidak merusak serat.

    • Jemur hingga Kering

    Ketika membersihkan karpet, hindari penggunaan terlalu banyak air. Sebab, karpet tidak dirancang untuk menahan banyak air. Kelembaban berlebih dapat merusak busa di bawahnya atau menyebabkan bau yang tidak sedap.

    Kemudian, pastikan karpet Anda benar-benar kering setelah membersihkannya. Kelembaban yang tersisa dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang juga dapat merusak karpet pada mobil Anda.

    Biarkan jendela terbuka atau gunakan pengering udara untuk memastikan karpet kering sepenuhnya. Bila perlu, Anda membawa karpet keluar untuk menjemurnya. Hal ini efektif juga untuk menghilangkan kuman yang menempel di karpet.

    Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga karpet tetap bersih, segar, dan awet. Membersihkan karpet secara teratur tidak hanya membuat mobil Anda terlihat rapi, tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan kebersihan dalam kendaraan Anda.