Berita

    Wajib Tahu! Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

    Jika tidak dibersihkan dengan benar, kaca lampu mobil akan menjadi buram dan membuat cahaya yang dihasilkan menjadi kurang maksimal. Hal dapat disebabkan oleh akumulasi kotoran dan noda yang menempel pada permukaannya.

    Selain itu, penggunaan  bahan pembersih yang tidak sesuai atau terlalu abrasif juga dapat merusak permukaan kaca lampu dan membuatnya tampak buram. Karena itu, ketahui seperti apa metode membersihkan kaca pada lampu mobil dengan benar dan aman.

    Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

    Kaca pada lampu mobil yang kotor atau buram dapat mengurangi efektivitas pencahayaan lampu, sehingga mengurangi visibilitas pengemudi dan risiko kecelakaan. Jadi, ketahui cara membersihkan yang benar sesuai panduan berikut ini.

    • Pastikan Mobil dalam Keadaan Dingin

    Sebelum membersihkan kaca lampu, pastikan mobil telah dimatikan dan diparkir selama beberapa saat agar suhu kaca lampu tidak panas. Hal ini untuk menghindari perbedaan suhu secara tiba-tiba yang dapat merusak kaca lampu.

    • Cek Kondisi Kaca Lampu

    Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kondisi kaca lampu sebelum dibersihkan. Periksa apakah terdapat kerusakan atau retak pada kaca. Jika terdapat kerusakan serius, sebaiknya ganti dengan lampu yang baru terlebih dahulu.

    • Siapkan Peralatan dan Bahan Pembersih

    Selanjutnya, siapkan seluruh perlengkapan yang diperlukan. Contohnya seperti air bersih, cairan pembersih khusus mobil atau sabun cair bebas alkohol, lap mikrofiber, sikat gigi bekas, semprotan air, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

    • Basahi Kaca Lampu dengan Air

    Pertama-tama, gunakan air bersih dan semprotkan atau siramkan ke permukaan kaca lampu secara merata. Pastikan seluruh permukaannya terkena air untuk menghilangkan partikel debu dan mempermudah proses pembersihan selanjutnya.

    • Bersihkan dengan Sabun atau Cairan Pembersih

    Berikutnya, tuangkan sedikit sabun atau cairan pembersih ke permukaan kaca lampu mobil yang sudah dibasahi. Gunakan lap mikrofiber untuk menggosok permukaan kaca dengan lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kaca.

    • Sikat Bagian yang Sulit Dijangkau

    Khusus untuk kotoran di bagian tertentu yang sulit dijangkau menggunakan kain lap, Anda bisa memanfaatkan sikat gigi bekas berbulu lembut yang sudah tidak terpakai. Gosok perlahan bagian yang kotor dengan gerakan melingkar hingga bersih.

    • Bilas dengan Air Bersih