Berita

    7 Hal yang Dilakukan Ketika Mobil Mogok di Jalan Tol Biar Tetap Aman

    Jalan tol sering menjadi pilihan, terutama bagi mereka yang dalam perjalanan panjang. Hal ini disebabkan jalan tol dapat memangkas waktu. Namun sayangnya ada beragam hal yang menghantui pengendara saat melintas, salah satunya mobil mogok di jalan tol.

    Kebanyakan orang akan bingung dan panik ketika mobilnya mogok di jalan tol. Namun Anda tidak perlu merasa demikian karena sebenarnya ada cara jitu yang bisa Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut. Simak caranya di bawah ini.

    Langkah yang Dilakukan Saat Mobil Mogok di Jalan Tol

    Apakah Anda pernah berpikir hal apa saja yang perlu dilakukan ketika mobil tiba-tiba mogok di jalan tol? Bila belum pernah, mungkin ulasan di bawah ini akan membuat Anda terpikirkan cara-caranya. Maka dari itu, simaklah penjelasan di bawah ini.

            1. Tetap Tenang

    Seperti yang sudah disinggung di atas, kebanyakan orang akan panik dan bingung ketika mobilnya mogok. Padahal hal tersebut tidak membantu dan malah memperparah keadaan.

    Oleh sebab itu, tetaplah tenang meskipun jalanan sedang ramai agar bisa memikirkan langkah selanjutnya.

            2. Menepi di Bahu Jalan

    Bahu jalan tol memang digunakan untuk mobil yang sedang mengalami keadaan darurat, seperti mogok. Oleh sebab itu sebelum mobil benar-benar mati, arahkan mobil ke bahu jalan.

    Namun bila belum sempat, segeralah meminta penumpang untuk turun dan mendorong mobil selagi Anda mengarahkan setir ke arah bahu jalan. Hal ini dilakukan agar mobil beserta orang-orang di dalamnya tidak tertabrak mobil lainnya.

            3. Menyalakan Lampu Hazard

    Lampu hazard memiliki fungsi untuk memberi tahu mobil lain agar berhati-hati. Dalam kasus ini, lampu hazard dapat memberi sinyal kepada pengendara lain bahwa mobil Anda mogok dan bermasalah.

    Oleh sebab itu, nyalakanlah lampu hazard ketika sudah berada di bahu jalan. Biasanya tombol lampu hazard berwarna merah dengan gambar segitiga putih di dalamnya.

            4. Segera Keluar dari Mobil

    Cara selanjutnya dalam mengatasi mobil mogok di jalan tol adalah segera keluar dari mobil. Hal ini berlaku bagi pengemudi dan seluruh penumpang di dalam mobil.

    Mengapa demikian? Karena kita tidak tahu apa yang menyebabkan mobil mogok. Bisa saja karena korsleting pada mesin sehingga berpotensi menyebabkan kebakaran pada mobil.

            5. Mengecek Mesin