Berita

    Cara Membuat Rem Mobil Lebih Responsif: Tips untuk Perawatan Tetap Awet

    Performa komponen-komponen pada mobil bisa saja mengalami penurunan seiring berjalannya waktu, seperti misalnya pada rem mobil. Komponen satu ini bisa saja mengalami masalah dan fungsinya tidak lagi responsif apabila kendaraan digunakan secara terus menerus.

    Dengan fungsinya yang sangat penting untuk menjaga keselamatan selama berkendara, maka apabila Anda merasa fungsi rem mulai terganggu, sebaiknya Anda perlu segera memperbaikinya. 

    Hal ini disebabkan karena apabila Anda mengabaikan dan tetap berkendara dengan performa komponen rem yang tidak optimal, risiko kecelakaan bisa saja terjadi.

    Oleh karena itu, untuk meminimalisir risiko tersebut Anda perlu rutin merawat seluruh komponen pada mobil termasuk bagian rem. Penjelasan lebih lanjut terkait tips merawat rem pada mobil agar bisa awet dan responsif akan dibahas pada bagian berikut!

    Tips Merawat Rem Mobil agar Tetap Awet dan Responsif

    Pixabay

    Rem terdiri dari beberapa komponen penting dengan fungsinya untuk menjaga laju mobil selama digunakan berkendara. Berikut ini akan diberikan beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk menjaga keterawatan rem pada mobil dan membuat fungsinya tetap responsif.

    • Memeriksa Ketebalan Kampas Rem

    Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menjaga rem agar tetap dalam kondisi terawat, yaitu sering memeriksa ketebalan kampas rem. Apabila ketika diperiksa kondisi kampas rem sudah tipis, maka Anda perlu dengan segera menggantinya.

    Sebab apabila kampas rem yang sudah menipis tersebut tidak diganti, maka hal ini akan membuat daya pengereman tidak berfungsi dengan optimal.

    • Mengecek Kualitas dan Mengganti Minyak Rem Secara Rutin

    Apabila Anda menginginkan rem pada mobil tetap awet dan juga responsif, maka tips yang juga bisa Anda aplikasikan, yaitu rutin mengecek kualitas dari minyak rem dan menggantinya apabila diperlukan.

    Dengan fungsinya yang berguna untuk menjaga daya pengereman, maka setidaknya Anda perlu mengganti minyak rem tersebut dalam kurun waktu 2 tahun sekali. Untuk mengganti minyak rem ini Anda bisa melakukannya di bengkel terdekat.

    • Membersihkan Kampas Rem dan Kaliper

    Tips penting lainnya demi menjaga kondisi rem mobil agar performanya tetap maksimal, ialah dengan membersihkan bagian kampas dan juga kaliper. Pembersihan ini biasanya dilakukan saat Anda membawa mobil ke bengkel setiap waktu servis rutin.