Berita

    Jangan Bingung, Ini Dia Perbedaan Mobil MPV dan SUV

    Belakangan ini di Indonesia permintaan terhadap mobil SUV semakin bertumbuh meski penjualan MPV juga tetap besar.

    Pertumbuhan permintaan mobil SUV tersebut tidak lepas dari fungsi SUV yang belakangan ini semakin mirip dengan MPV namun dengan desain yang lebih sporty. Tentunya ini memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

    Sejumlah Agen Pemegang Merek pun menjawab hal tersebut dengan meluncurkan SUV-SUV terbaru mereka yang memiliki fungsi tak jauh berbeda dengan MPV. Tentunya ini membuat masyarakat menjadi semakin terbelah keinginannya.

    Namun sejatinya, SUV dan MPV memiliki beragam perbedaan yang cukup mencolok. Hal ini dikarenakan masing-masing jenis kendaraan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. 

    Dan berikut ini adalah beberapa perbedaan dari SUV dan MPV yang harus anda ketahui

    • Tujuan Penggunaan

    Perbedaan MPV dan SUV adalah yang pertama adalah dari tujuan penggunaannya. SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang dirancang untuk dapat melewati berbagai medan. Mulai dari jalan beraspal hingga jalan-jalan yang menantang.

    Sementara MPV Multi Purpose Vehicle lebih difokuskan sebagai mobil pengangkut penumpang. Itu sebabnya, MPV lebih mengedepankan kenyamanan dan keamanan. Selain itu, MPV juga biasanya dilengkapi dengan bagasi yang luas bahkan sistem joknya bisa dilipat untuk menambah ruang. Selain itu, MPV juga bisa menampung tujuh orang atau lebih.

    • Ground Clearance

    Perbedaan SUV dan MPV yang berikutnya adalah ground clearance. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, SUV punya ground clearance yang lebih tinggi daripada MPV, biasanya di atas 200 mm. Hal tersebut bertujuan agar mobil tidak terganggu saat melintasi jalanan bergelombang. Sementara MPV dibuat lebih rendah karena untuk memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara.

    • Profil Ban

    Profil ban yang digunakan pun biasanya berbeda. Hal ini karena SUV dibuat agar bisa melintasi medan berat sehingga tak heran jika mobil ini menggunakan velg dan ban dengan profil besar.  Biasanya, SUV menggunakan pelek minimal 15 inci dengan profil ban yang tebal dan gemuk.

    Selain itu, profil ban yang digunakan mobil SUV juga memiliki kontur dan alur yang lebih ‘kotak-kotak’. Nah, hal tersebut bertujuan agar mobil tidak mudah tergelincir saat melewati medan yang sulit, seperti jalan berpasir atau berlumpur.

    Namun seiring dengan perkembangan jaman, profil ban antara SUV dan MPV menjadi sangat abu-abu. Hal ini karena banyak APM yang membuat MPV mereka dengan velg berukuran 15 inci. Tujuannya adalah agar terlihat lebih keren dan gagah. Tapi meski ukurannya sama, profil ban yang digunakan biasanya berbeda karena MPV akan menggunakan ban berdesain standard untuk perkotaan.

    • Gunakan Platform yang Sama