Berita

    Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

    Aki mobil yang tekor dapat menyebabkan masalah saat melakukan perjalanan. Mobil yang mengalami aki tekor bisa membuat mobil susah dinyalakan hingga macet total. Hal ini tentu akan sangat merepotkan. Apalagi saat berada di jalan. Sebagai komponen utama yang menjadi sumber listrik, aki sangat penting sehingga kondisinya harus selalu dicek sebelum perjalanan. Aki juga perlu perawatan agar tetap berfungsi optimal. Aki yang mengalami tekor atau kehilangan tenaga, biasanya disebabkan oleh banyak faktor. 

    Berikut beberapa penyebab aki menjadi tekor dan malfungsi

    1. Mobil Jarang Dipanaskan

    Mobil yang hanya diparkir dan jarang dipanaskan, menjadi salah satu pemicu aki tekor atau soak. Meskipun sebagai sumber arus listrik, aki perlu mendapat suplai kelistrikan yang didapat dari sirkulasi kelistrikan saat mobil dinyalakan.

    Berkaitan dengan itu, pengguna mobil harus meluangkan waktu untuk memanaskan mobil paling tidak sekali seminggu, agar aki tetap bekerja dan menyimpan daya listrik yang cukup, sehingga mobil mudah dinyalakan saat ingin digunakan.

     2. Pakai Aksesoris Berlebihan

    Penggunaan aksesoris yang berhubungan dengan listrik, dalam jumlah yang berlebihan juga bisa membuat aki cepat soak atau tekor. Penggila modifikasi kerap mengalami aki soak, karena pemasangan aksesoris tambahan seperti lampu, audio, klakson dan perangkat lain yang banyak menyedot tenaga listrik Perlu diingat bahwa, salah satu aksesoris yang banyak membutuhkan listrik dari aki adalah sistem audio. karena itu, penambahan aksesoris seperti perangkat audio atau lampu, perlu mempertimbangkan kekuatan aki.

    3. Air Aki Habis

    Air aki yang kurang atau habis menjadi salah satu penyebab aki tekor. Itu sebabnya pengecekan rutin terhadap kondisi air aki sangat penting. Air aki yang jarang diganti atau diisi, sangat berpengaruh pada kinerja aki, sehingga mobil bisa macet saat dipakai. Hal ini biasa terjadi pada mobil yang masih menggunakan aki basah. Jangan sampai Anda tidak pernah memperhatikannya dan mobil tidak bisa dihidupkan saat ingin digunakan. Lebih merepotkan jika mobil akhirnya mogok pada saat ada di dalam perjalanan.

     4. Usia Aki

    Aki mobil bisa juga menjadi soak dan sering bermasalah karena usianya yang sudah tua. Aki memiliki usia pakai antara dua sampai tiga tahun. Jika pada usia tersebut aki sering bermasalah. Biasanya dalam usia itu, mobil kadang susah dinyalakan karena kemampuan aki menyimpan daya listrik semakin berkurang.Karena itu, jika usia mobil sudah mencapai waktu tersebut dan sering mengalami masalah, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapatkan penggantian aki baru.