Berita

    7 Cara Mengatasi Mabuk Perjanlanan

    Mabuk perjalanan adalah suatu kondisi yang sering dialami orang ketika berada di dalam mobil. Kondisi ini sering diakhiri dengan pusing di mobil. Meskipun sering dialami, namun kondisi ini dapat membuat siapapun yang menderitanya menjadi tidak nyaman.

    Oleh sebab itu, Anda harus segera mengatasinya bila mengalami kondisi tersebut. Di bawah ini akan dibahas berbagai cara yang bisa Anda gunakan.

    Cara Mengatasi Pusing di Mobil

    Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan bila Anda mengalami pusing setelah perjalanan:

    • Makan Makanan Ringan

    Jika Anda mengalami pusing setelah mabuk perjalanan, cobalah untuk makan makanan ringan. Namun hindari makan makanan yang berminyak atau mengandung asam seperti gorengan, jus jeruk, dan lain-lain.

    Hindari juga makan makanan berat karena sulit dicerna. Bila Anda merasa lapar, Anda bisa menyiasatinya dengan makan dengan porsi kecil atau mengonsumsi makanan yang mengenyangkan seperti roti, sereal, dan susu.

    • Tidur Cukup

    Supaya Anda tidak mengalami mabuk yang berpotensi membuat Anda pusing, maka cobalah untuk tidur dengan cukup sebelum memulai perjalanan. Mungkin saja Anda mabuk dan pusing karena kurang tidur.

    Namun jika Anda sudah terlanjur tidur dengan waktu yang kurang, Anda bisa tidur di dalam mobil. Bawalah barang-barang yang bisa membuat Anda bisa beristirahat seperti penutup mata atau bantal kecil.

    • Mencari Udara Segar

    Menghirup udara segar juga bisa meredakan pusing di mobil akibat mabuk perjalanan. Hal ini disebabkan bau yang ada di mobil bisa saja membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga timbul kondisi tersebut.

    Namun saat mencari udara segar, usahakan untuk tidak merokok. Merokok dapat mengganggu kondisi tubuh Anda sehingga Anda bisa lebih sulit dalam mengatasi pusing.

    • Tidak Membelakangi

    Cobalah untuk duduk menghadap ke depan sehingga tidak membelakangi jalan. Duduk menghadap ke belakang berpotensi menyebabkan mabuk sehingga Anda bisa pusing.

    Jika Anda terlanjur duduk membelakangi jalan dan merasa pusing, segeralah berganti posisi dengan penumpang lain sehingga Anda dapat menghadap ke depan. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa duduk di depan.

    • Jangan Membaca atau Menggunakan Gawai

    Sibuk membaca buku atau menggunakan gawai di mobil seperti ponsel dapat membuat Anda mabuk perjalanan. Hal ini disebabkan pandangan Anda yang fokus pada suatu tempat kecil namun badan kerap terguncang akibat mobil sedang berjalan.