Berita

    Gerakan Peregangan yang Bisa Dicoba saat Pegal Mengemudi

    Mengemudi memang bisa membuat badan pegal. Terlebih lagi jika mengemudi dalam waktu yang lama dan perjalanan panjang. Jika Anda sering mengalaminya, maka teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi perlu dipahami.

    Berbagai teknik ini tak sulit untuk dilakukan. Meskipun demikian, teknik-teknik tersebut dapat membawa dampak positif terhadap tubuh agar tidak pegal lagi. Ikuti ulasannya dalam artikel ini untuk mengetahuinya!

    Daftar Teknik Peregangan untuk Mengatasi Pegal saat Mengemudi

    Bila terasa pegal setelah mengemudi dalam kurun waktu tertentu, maka Anda bisa melakukan peregangan. Berikut beberapa teknik yang bisa dicoba:

    • Leher 

    Leher adalah salah satu bagian tubuh yang mudah lelah saat mengemudi dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan Anda perlu duduk secara tegak dan konsentrasi terhadap jalan.

    Jika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa mengangguk dan menengadahkan kepala secara bergantian. Setelah itu, Anda juga bisa menoleh ke kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan beberapa kali hingga pegal di leher terasa berkurang.

    Dalam teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi ini, Anda bisa mendekatkan dagu ke arah dada. Tahan posisi tersebut selama beberapa hitungan. Lalu, tengadahkan dan tahan posisi tersebut selama beberapa hitungan lagi.

    • Kaki

    Kaki juga merupakan anggota tubuh lain yang sering mengalami pegal saat mengemudi jarak jauh. Terlebih lagi jika Anda menggunakan mobil manual sehingga kaki harus sering bergerak.

    Maka dari itu, Anda perlu melakukan peregangan pada kaki. Anda bisa menggerak-gerakkan telapak kaki untuk meregangkannya. Setelah itu, angkat kaki dan tekuk ke arah belakang, samping, serta dada. Lakukan dalam hitungan beberapa waktu.

    Namun jika tak memungkinkan untuk menepikan mobil, maka Anda cukup memundurkan jok. Setelah itu jika sudah cukup jauh, gerak-gerakkanlah pergelangan kaki Anda.

    • Tangan

    Salah satu teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi adalah dengan menggerakkan bagian tangan. Terlebih lagi jika tangan Anda harus mengganti persneling berkali-kali.

    Caranya dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan Anda, lengan, hingga bahu. Lalu, tekuk siku ke arah bahu yang lain. Lakukan hal tersebut pada siku lainnya dalam beberapa hitungan.

    Jika Anda tak bisa menepikan mobil, maka cobalah untuk meluruskan kedua tangan hingga ke bagian atas lingkar kemudi. Posisikan kedua telapak tangan secara berhadapan, lalu balik agar kedua punggung telapak tangan berhadapan.

    Selain itu, Anda juga meluruskan tangan kanan dan mengarahkannya ke kiri. Tahan  posisi tersebut selama beberapa hitungan. Setelah itu, Anda bisa melakukannya pada tangan kiri.

    • Dada

    Area dada juga kerap mengalami pegal karena harus menahan bentuk tubuh secara tegak dalam waktu lama. Maka dari itu, Anda perlu melakukan peregangan terhadap area dada.

    Anda tak perlu turun dari mobil untuk melakukan peregangan karena bisa dilakukan sembari duduk. Caranya dengan menyilangkan tangan di depan dada seakan-akan memeluk diri sendiri. Tahan posisi tersebut selama beberapa hitungan.

    Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk merilekskan lengan. Lalu, dorong kedua bahu ke belakang seakan-akan ingin merapatkannya. Lakukan hal tersebut sebanyak 10 hingga 15 kali.

    Berbagai teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi ini bisa langsung diterapkan. Tak hanya meredakan pegal saja, namun juga dapat membuat badan lebih segar.